Genjot Fisik, Shin Tae-Yong Larang Pemain Ngeluh

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Senin 17 Februari 2020
share
Shin Tae-Yong - (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Selain aspek teknis, Shin Tae-Yong juga menekankan aspek non-teknis pada pemain Timnas Indonesia. Mereka dilarang mengeluh dan dituntut disiplin tinggi selama jadi bagian timnas.

Shin Tae-Yong mulai menangani timnas Indonesia senior dalam pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya, Senayan, sejak 13 Februari sampai 23 Februari mendatang. Ada 34 pemain dipanggil ke TC yang merupakan persiapan jelang laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Maret mendatang.

Memasuki hari ketiga TC, pelatin asal Korea Selatan itu terus menggenjot fisik para pemain. Hal serupa ia juga lakukan saat memimpin TC Timnas Indoensia U19 di Chiang Mai, Thailand, akhir Januari lalu.

Irfan Jauhari yang merupakan pemain Timnas Indonesia U-19 sudah tidak kaget lagi dengan latihan fisik yang diterapkan oleh Shin Tae-Yong. Menurutnya, pelatih asal Korea Selatan itu tengah berusaha menanamkan mental pantang menyerah.

"Kami diminta coach Shin Tae-yong untuk selalu bekerja keras di lapangan. Tidak boleh mengeluh," kata Irfan yang juga pemain Bali Unuted U-18.

Dua kali ditempa oleh Shin Tae-Yong membuat Irfan cukup tahu karakteristik mantan pelatih Timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu. Juru taktik 50 tahun juga dikenal tegas menyangkut kedisiplinan.

Selama TC berlangsung, Shin Tae-Yong membuat sejumlah aturan untuk pemain menyangkut pola makan, kebiasaan serta aktifitas diluar latihan.

"Dia sangat disiplin dan tepat waktu. Materi latihan di TC Timnas Indonesia pun hampir sama dengan seperti di Chiang Mai. Ada sesi gym juga," ia menambahkan.

Pada TC Timnas Indonesia kali ini, Shin Tae-Yong juga mempromosikan tiga pemain Timnas U-19 lainnya yakni Alfrendra Dewangga, Pratama Alif dan Muhammad Adi Satrio.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA