VAR Digunakan di Fase Gugur Liga Europa

RA
Oleh Reza Adi Surya
Rabu 19 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan di babak 32 besar Liga Europa. Leg pertama babak 32 besar akan digelar, Jumat (21/2/2020).

Penggunaan VAR sudah diputuskan pada September lalu bahwa teknologi untuk membantu wasit itu digunakan usai fase grup. Keputusan ini diambil setelah VAR dinilai sukses digunakan di Liga Champions.

Beberapa wasit top Eropa sudah mengikuti kursus di Mallorca untuk menganalisis dan latihan terkait penggunaan VAR.

"Kami yakin VAR adalah proyek krusial untuk sepak bola dan saya lega kini VAR akan digunakan di Liga Europa. VAR akan menyediakan bantuan vital untuk wasit dalam mengambil keputusan di pertandingan pennting seperti ini," ujar Komite Wasit UEFA, Roberto Rosetti, dikutip dari Sky Sports.

"Kami sangat bangga dengan jumlah yang terjadi di fase grup Liga Champions dan playoff dimana total 108 pertandingan dan 27 keputusan diperbaiki menggunakan VAR. Artinya, hanya satu keputusan di setiap empat laga dikoreksi. Ini menunjukkan kualitas dari wasit," tambahnya.

"VAR hanya untuk kesalahan yang jelas, bukan untuk situasi kontroversial. Sepak bola butuh wasit berkualitas dan punya kepribadia di lapangan, yang bisa mengambil keputusan berani dan mengoreksi kesalahan," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA