Ini Alasan Liga 1 2020 Belum Bisa Pakai VAR

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Kamis 20 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Operator Liga 1 2020, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), memastikan VAR belum akan digunakan pada kompetisi musim ini. LIB menyadari perlu waktu cukup lama untuk mempersiapkan sumber daya.

Jelang dimulainya Liga 1 2020, kembali muncul wacana menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) untuk membantu kinerja wasit dalam mengambil keputusan di lapangan.

VAR sudah digunakan di sejumlah kompetisi elit Eropa seperti Liga Premier Inggris dan Liga Serie A Italia. Pada penerapannya, di lapangan wasit utama dilengkapi perangkat komunikasi headphone untuk berkomunikasi dengan wasit VAR yang berada di depan layar.

Rekomendasi dari wasit VAR selanjutnya akan jadi masukan bagi wasit lapangan guna memutuskan suatu insiden yang melibatkan pemain.

PT LIB tidak menutup telinga dengan banyaknya desakan agar Liga 1 bisa menggunakan VAR mulai musim ini. Namun demikian, operator mengungkapkan teknologi tersebut kemungkinan besar baru bisa digunakan musim depan.

"Kita menyiapkan perangkat wasit bukan hanya sumber daya manusianya yang sekarang kita latih. Kita juga menyiapkan perlengkapannya seperti headphone untuk alat komunikasi," kata Direktur PT LIB, Cucu Soemantr, kepada wartawan dalam manager meeting di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

"Untuk VAR belum bisa kita lakukan. Namun hari ini saya sudah bertemu dengan perwakilan FIFA dan AFC untuk membahas pelatihan VAR," ia melanjutkan.

Lebih lanjut, Cucu mengatakan untuk mendatangkan perangkat VAR tidak sulit hanya saja sumber daya manusia yang mengoperasikannya perlu mengikuti pelatihan selama sembilan bulan.

"Mudah-mudahan dengan kita sudah mengawali seperti ini VAR bisa digunakan tahun depan," pungkas pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketum PSSI.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA