Leg I 16 Besar Liga Champions Eropa

Atalanta Menang Meyakinkan 4-1 atas Valencia

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Kamis 20 Februari 2020
share
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Milan - Atalanta meraih kemenangan meyakinkan 4-1 atas Valencia di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa. Dengan hasil ini, peluang Atalanta melaju ke perempatfinal semakin besar.

Atalanta menghadapi Valencia di Stadion San Siro, Kamis (20/2/2020) dini hari WIB. Bermain di depan pendukungnya sendiri, anak asuh Giampiero Gasperini bermain agresif sejak menit pertama. Dalam kurun waktu 10 menit, mereka sudah mendapat dua peluang. Sontekan Alejandro Gomez menit kelima dan sepakan Mario Pasalic menit kedelapan belum membuahkan gol.

Tuan rumah membuka keunggulan pada menit ke-15, Alejandro 'Papu' Gomez mengirim umpan menyusur tanah ke area penalti Valencia. Asis tersebut diselesaikan dengan baik oleh Hans Hatoeber menjadi gol. 1-0 Atalanta memimpin.

Valencia baru mulai menekan selepas menit ke-30, upaya Ferran Torres dan Jose Gaya sempat membahayakan gawang Atalanta, namun tidak ada yang berujung gol.

Memasuki lima menit akhir babak pertama, Atalanta malah berhasil menggandakan skor. Kali ini giliran Josip Ilicic yang mencatatkan namanya di papan skor untuk menjadikan sko 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Atalanta mampu menjaga ritme permainan. Mereka hampir-hampir tidak memberikan Valencia kesempatan untuk mengembangkan permainan.

I Orobici menjauhkan keunggulan jadi 3-0 di menit ke-57. Remo Freuler melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti, bola kirimannya gagal dihalau kiper Valencia,

Tertinggal tiga gol, Valencia mencoba bermain terbuka untuk mengejar selisih gol. Situasi ini justru mampu dimanfaatkan Atalanta untuk menambah gol pada menit ke-62. Pasalic kembali jadi kreator gol, kali ini umpan terukurnya memudahkan Hatoeber mencetak gol keduanya sekaligus menjadikan skor 4-0.

Valencia baru bisa mencetak gol empat menit berselang. Memanfaatkan kesalahan Jose Luis Palomino dalam mengoper bola, Denis Cherysev yang baru dua menit masuk ke lapangan mampu memaksimalkan blunder tersebut jadi gol. Skor berubah jadi 4-1.

Di sisa menit yang ada, Valencia berusaha menekan lagi melalui Soler, Geoffrey Kondogbia, dan Jose Gaya. Namun, sampai laga usai skor 4-1 bagi keunggulan Atalanta tidak berubah.

Ini menjadi modal bagus bagi Atalanta menatap leg kedua pada Maret mendatang, mereka cuma perlu hasil imbang untuk melaju ke perempatfinal. Sebaliknya, Valencia punya misi berat membalikkan situasi dengan minimal menang tiga gol tanpa kemasukan.

Susunan Pemain

Atalanta: Gollini; Toloi, Caldara (Zapata 75'), Palomino, Hateboer, De Roon, Frueler, Gosens, Pasalic (Temeze 90'), Ilicic, Gomez (Malinovsky 81')

Valencia: Jaume, Gaya, Mangala, Diakhaby, Wass, Soler, Kondogbia, Parejo, Torres, Gomez (Gameiro 73'), Guedes (Cherysev 64')

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA