Leg I 16 Besar Liga Champions Eropa

Main di Kandang, Spurs Kalah dari Leipzig

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Kamis 20 Februari 2020
share
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, London - Tottenham Hotspur gagal meraih kemenangan di laga kandang. Mereka menelan kekalahan 0-1 dari RB Leipzig di leg pertama 16 besar Liga Champions Eropa.

Tottenham menjamu Leipzig di Tottenham Stadium,Kamis (20/2/2020) dini hari WIB. Publik tuan rumah dibuat harap-harap cemas melihat gawang Hugo Lloris mendapat ancaman berarti di menit awal laga.

Di menit kedua, sepakan Timor Wermer dari jarak dekat diblok, bola rebound disambar Angelino dari sisi kiri tapi hanya mengenai tiang gawang.

Semenit berselang, tekanan Leipzig kembali memaksa Lloris bekerja keras. Ia melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis sontekan Wermer dari dalam kotak penalti.

Leipzig benar-benar leluasa menguasai bola sepanjang babak pertama, peluang lainnya datang dari Wermer. Menit ke-31, penyerang timnas Jerman itu meneruskan umpan terukur Laimer di area penalti dengan sontekan kaki kanan yang masih bisa diamankan oleh Lloris.

Jelang turun minum, Spurs mulai mampu keluar dari tekanan Leipzig. Akan tetapi, mereka minim kreatifitas dan tak ada ancaman berarti ke gawang lawan. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Leipzig kembali mengurung pertahanan Tottenham. Upaya tim tamu terus menekan berbuah tendangan penalti pada menit ke-56 setelah Ben Davies melanggar Laimer di area terlarang.

Wermer yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya membobol gawang Spurs untuk membawa Leipzig unggul 0-1.

Leipzig nyaris menambah keunggulan di menit ke-62. Umpan silang Angelino dari sisi kiri diterima Wermer, bola diteruskan Patrick Schick dengan sepakan yang masih bisa dihalau Lloris.

Tottenham bukan tanpa peluang, mereka hampir saja mencetak gol penyeimbang di menit ke-73, Dari situasi bola mati, sepakan Giovani Lo Celso mengarah ke tiang jauh, namun bola masih mengenai tiang gawang.

Saat laga memasuki 10 menit akhir laga, The Lily White mendominasi permainan. Sayangnya, mereka tetap tak mampu mencetak gol penyeimbang dan harus mengakui keunggulan Leipzig 0-1.

Dengan hasil ini peluang kedua tim ke babak perempatfinal masih terbuka lebar, Leipzig cuma membutuhkan hasil seri atau menang dengan selisih satu gol di leg kedua, sedangkan Spurs butuh kemenangan dengan margin dua gol.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris, Aurier, Alderweireld, Sanchez, Davies, Winks, Fernandes (Ndombele 64), Lo Celso, Alli (Lamela 64), Bergwijn, Moura

RB Leipzig: Gulacsi, Mukiele, Klostermann, Halstenberg, Angelino, Laimer (Forsberg 83), Ampadu, Sabitzer, Nkunku (Haidara 74), Schick (Poulsen 77), Werner

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA