Chelsea Bungkam Spurs 2-1

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Sabtu 22 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, London - Chelsea harus bersusah payah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1 pada pertandingan pekan ke-27 Liga Premier Inggris. Hasil ini mengukuhkan The Blues di empat besar klasemen sementara.

Chelsea menjamu Tottenham di Stamford Bridge, Sabtu (22/2/2020) malam WIB. Tampil di depan publik sendiri, The Blues bermain menyerang sejak awal laga. Tapi, Spurs yang terlebih dulu memperoleh peluang pada menit kesepuluh, sepakan Steven Bergwijn masih bisa ditepis Willy Cabalero.

Dua menit berselang, gantian Chelsea yang memperoleh shot on goal. Marcos Alonso melepaskan percobaan ke sudut sempit, namun bola masih bisa dijauhkan oleh Hugo Lloris.

Tuan rumah akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-15. Berawal dari serangan balik, sepakan kaki kanan Olivier Giroud di dalam kotak penalti mampu digagalkan Lloris dengan kakinya. Bola muntah jatuh ke kaki Ross Barkley, ia langsung meneruskannya dengan sepakan kaki kiri. Tapi, bola mengenai tiang gawang.

Bola liar mengarah ke Giroud, dengan sekali kontrol penyerang Prancis melepaskan sepakan setengah voli yang tepat masuk ke sisi kiri bawah gawang Spurs. 1-0 Chelsea memimpin.

The Lily White mempunyai peluang terbaik pada menit ke-35. Sepak pojok Giovani Lo Celso disambut sundulan kepada Davinson Sanchez namun bola masih bisa ditepis Caballero.

Semenit berselang, gawang The Blues hampir kemasukan gol. Japhet Tangaga mengejar bola liar hasil kesalahpahaman lini belakang, tapi lajunya terlalu kencang dan berujung sepak gawang bagi Chelsea.

Di babak kedua, Chelsea kembali memulai dengan agresif. Hasilnya, mereka menggandakan skor jadi 2-0 di menit ke-48 berkat gol Alonso. Dari sisi kanan, lemparan ke dalam didapat Mason Mount dan berlari menuju kotak penalti.

Dia mengoper kepada Ross Barkley di depan kotak penalti dan langsung diberikan ke sisi kiri. Alonson yang bebas dengan mudah mengarahkan bola ke tiang jauh gawang Lloris.

Pada menit ke-52, terjadi insiden yang melibatkan Lo Celso dengan kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta. Lo Celso menginjak tulang kering Azpilicueta saat hendak mengusai bola. Laga dihentikan karena wasit Michael Oliver melihat tayangan VAR.

Setelah itu, wasit tidak memberikan kartu merah meski pelanggarannya terbilang berat. Keputusan wasit itu memicu protes dari para pemain The Blues.

Dalam posisi tertinggal, Spurs melakukan pergantian pemain. Jose Mourinho memasukkan Erik Lamela menggantikan Tanguy Ndombele pada menit ke-63.

Menit ke-66, Toby Alderweirld hampir menipiskan skor andai sundulannya tak bisa diselamatkan oleh Caballero.

Tottenham akhirnya bisa mencetak gol menipiskan skor jadi 2-1. Berawal dari kerja sama satu-dua Lamela dan Lucas Moura, Lamela melepaskan sepakan yang membentur Antonio Rudiger, bola berubah arah dan mengecoh Caballero. Skor 2-1 menutup laga.

Dengan hasil ini, Chelsea tetap di posisi empat dengan mengemas 44 poin unggul empat angka dari Tottenham di peringkat lima.

Susunan Pemain

Chelsea: Willy Caballero; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Antonio Rudiger; Reece James, Jorginho, Mateo Kovacic, Marcos Alonso; Ross Barkley (Willian 77'), Mason Mount; Olivier Giroud (Tammy Abraham 71').

Tottenham: Hugo Lloris; Davinson Sanchez, Toby Alderweireld (Serge Aurier 78'), Jan Vertonghen; Japhet Tanganga, Tanguy Ndombele, Harry Winks, Giovani Lo Celso, Ben Davies; Lucas Moura, Steven Bergwijn (Dele Alli 78').

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA