Lagi-lagi Chelsea 'Dirugikan' VAR

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Minggu 23 Februari 2020
share
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, London - Pelatih Chelsea, Frank Lampard, kembali mengeluhkan VAR. Terbaru, ia menyoroti tinjauan VAR yang meloloskan Giovani Lo Celso dari hukuman kartu merah usai melakukan tekel berbahaya kepada Cesar Azpilicueta.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stamford Bridge, Sabtu (22/2/2020) malam WIB, The Blues membuka keunggulan pada menit ke-15 lewat gol Frank Lampard. Wasit sempat meninjau VAR setelah gol, namun tetap mengesahkannya.

The Blues menggandakan skor pada menit ke-48, kali ini giliran Marcos Alonso yang mencatatkan namanya di papan skor. Dalam situasi tertinggal dua gol, Spurs justru kesulitan keluar dari tekanan tuan rumah.

Tak ayal, pemain Spurs bermain keras guna menghentikan pergerakan pemain-pemain Chelsea. Seperti insiden yang melibatkan Lo Celso dan Azpilicueta di menit ke-51. Dalam situasi perebutan bola, Lo Celso menginjak tulang kering Azpilicueta.

Wasit Michael Oliver kemudian meninjau VAR guna melihat detail insiden. Setelahnya, dia justru tidak memberikan kartu kepada Lo Celso. Keputusan tersebut lantas diprotes keras oleh pemain Chelsea karena menilai tekel tersebut berpotensi mematahkan kaki Azpilicueta.

Dalam jumpa pers, Lampard tak tahan mengomentari keputusan wasit usai meninjau tayangan VAR. Dia kecewa Chelsea kerap dirugikan oleh teknologi bantu wasit tersebut. Awal pekan ini, dua gol The Blues dianulir setelah wasit melihat VAR, serta insiden tendangan Harry Maguire kepada Michy Batshuayi yang lolos dari kartu merah.

"Tidak cukup bagus, dua kali VAR dalam dua pertandingan, sulit untuk mengeluhkannya saat Anda kalah tapi hari ini semua orang melihatnya. Itu adalah pelanggaran yang layak mendapat kartu merah," ujar Lampard.

"Saya benci menuntut kartu merah tetapi tekel itu bisa mematahkan kaki. Saya tidak mengatakan tentang wasit, VAR ada untuk membuat semuanya jelas, dan itu tidak cukup bagus," ia menambahkan.

Kemenangan atas Spurs menyudahi rangkaian empat laga tanpa kemenangan Chelsea di Liga Premier Inggris. Dengan tambahan tiga poin, The Blues tetap di posisi empat dengan mengumpulkan 44 poin dari 27 pertandingan, menjauh empat poin dari Spurs di peringkat lima.

Sumber: BBC

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA