Alasan Persib Tak Ikut Turnamen Pramusim

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Minggu 23 Februari 2020
share
(Foto: simamaung)

INILAHCOM, Bandung - Persib Bandung tidak ikut serta dalam turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, menyebut memberikan tekanan kepada pemain di pramusim sangat tidak bagus.

Selama menjalani pramusim 2020, Persib hanya sekali mengikuti turnamen bertajuk Asia Challange 2020 di Malaysia. Di ajang ini, Persib yang menurunkan pemain pelapis tak jadi juara.

Saat tim-tim besar Liga 1 2020 ambil bagian di turnamen Piala Gubernur Jatim yang rampung pekan kemarin, Persib justru absen. Maung Bandung memilih memperbanyak laga ujicoba biasa dengan lawan selevel.

Menurut Robert Rene Alberts ketimbang memberi tekanan pada pemain di masa pemanasan dengan mengikuti turnamen pramusim, ia menyebut ujicoba biasa lebih pas untuk memberi kesempatan pemain mengoleksi jam terbang, serta menyesuaikan diri dengan tim.

"Jika kalian melihat di Piala Gubernur (Jatim), mayoritas tim sudah bermain dengan pemain inti. Karena mereka punya tekanan untuk menjadi juara di turnamen pramusim, yang mana itu bukan hal yang bagus," kata Robert.

"Kami tidak melakukan itu, kami tidak menekankan pemain untuk menang di laga ini dan malah memberikan kesempatan bagi pemain untuk bermain sebanyak yang saya bisa, itu kenapa kami selalu memainkan dua laga," ia menambahkan.

Robert menyoroti ambisi tim-tim Indonesia ingin jadi juara dan mendapat tuntutan tinggi dari suporter di pramusim. Padahal, masih kata Robert, pramusim seharusnya dimanfaatkan untuk menyelaraskan dan mengembalikan kondisi kebugaran pemain setelah libur kompetisi.

"Jika kalian melihat apa yang terjadi di sepakbola Indonesia, saat ada Piala Presiden, ketika liga lalu dimulai mereka tidak dalam kondisi terbaik. Jadi pramusim harus lebih dimanfaatkan sebagai perkenalan pemain sebelum turun berkompetisi di liga," lanjut Robert.

Dalam setiap kesempatan uji coba, Robert selalu memberi porsi yang rata pada para pemainnya untuk bermain. Tujuannya agar pemain bisa mendapat menit bermain sebagai pemanasan sebelum kompetisi.

"Seperti kemarin, kami membagi tim menjadi dua, satu tim ke Cilacap dan satu lainnya melawan Persikabo sehingga seluruh pemain bisa bermain selama 90 menit dan itu penting untuk perkembangan mereka," ia memungkasi.

Sumber: Simamaung

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA