Pentingnya Komunikasi di Dalam Lapangan

RA
Oleh Reza Adi Surya
Senin 24 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, Birmingham - Bek Garuda Select, Kakang Rudianto mengatakan, komunikasi adalah elemen penting dalam sepak bola. Komunikasi yang baik merupakan kunci keberhasilan sebuah skema permainan.

Pelatih Kepala Garuda Select, Des Walker, sering mengingatkan kepada para pemain untuk tetap saling berkomunikasi ketika berada di atas lapangan. Baik ketika bertahan maupun saat menyerang, koordinasi di antara para pemain merupakan kunci keberhasilan sebuah skema permainan.

"Jika para pemain tidak saling mengingatkan, skema yang diinginkan tidak akan berjalan dengan baik. Mereka harus lebih sering berteriak untuk meminta pemain di sebelahnya apa yang harus dilakukan," kata Des, kepada Mola TV.

Apa yang dikatakan mantan pemain Nottingham Forest tersebut benar-benar diterapkan dengan baik oleh para pemain Garuda Select. Salah satunya adalah pemain paling konsisten di lini belakang, Kakang Rudianto. Pemain asal Cianjur ini memang menjadi langganan line-up di lini belakang ketika memulai pertandingan.

Bagi Kakang, komunikasi sangat penting bagi para pemain untuk tetap berada pada posisinya. Selain itu, dengan tetap saling mengingatkan, rekan-rekannya juga jadi lebih mudah dalam menjalankan transisi bermain.

"Biasanya, kami saling berkoordinasi di belakang. Komando tidak harus datang dari saya, tetapi semua pemain belakang, bahkan termasuk kiper. Jadi, kami sudah tahu posisi masing-masing dan ketika ada yang keluar dari posis awai," ujar Kakang.

Setelah melakukan adaptasi selama beberapa bulan, secara perlahan tapi pasti, kemampuan para pemain dalam berkomunikasi di atas lapangan semakin membaik. Terlihat pada hasil yang diraih pada pertandingan pertama melawan Northampton, dan laga terkini menghadapi Huddersfield.

"Bagi saya, permainan paling memuaskan sebagai seorang bek yaitu ketika melawan Huddersfield kemarin. Kami benar-benar fokus sepanjang pertandingan, dan semua skema berjalan dengan baik sehingga bisa terhindar dari kebobolan," tambah bek muda Persib Bandung.

Penampilan Garuda Select dapat disaksikan melalui LIVE MATCH secara gratis di MOLA TV. Selain itu, MOLA TV juga menyediakan liputan dokumenter kegiatan latihan dan berbagai kehidupan para pemain selama mengikuti program Garuda Select.

Banyak hal menarik dan menyentuh yang layak menjadi pembelajaran bagi siapa pun yang ingin meraih impian, termasuk mimpi para pemain Garuda Select untuk menjadi pemain Tim Nasional Indonesia. Aksi-aksi dari para pemain Garuda Select bisa disaksikan di https://mola.tv/categories/gs-cat.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA