Jelang Liga 1 Pertahanan Persija Jadi Sorotan

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Senin 24 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, Jakartra - Jelang bergulirnya Liga 1 2020 akhir pekan ini, lini pertahanan Persija Jakarta jadi sorotan. Untuk mengatasinya, Sergio Farias bakal memplot Marco Motta jadi bek tengah.

Persija menyudahi rangkaian pramusim dengan menggelar laga uji coba melawan Geylang International yang diikuti oleh peluncuran tim dan jersey untuk Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (23/2/2020) kemarin. Pada pertandingan tersebut, Macan Kemayoran menang 3-1 atas tim asal Singapura.

Hasil tersebut tidak serta merta membuat pelatih Sergio Farias puas, ia menilai barisan pertahanan Macan Kemayoran masih kurang oke. Pasalnya, dalam dua laga terakhir gawang mereka kemasukan lima gol.

Sebelumnya, Persija menelan kekalahan telak 1-4 dari Persebaya Surabaya di final turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020.

Pada dua laga tersebut, Farias belum bisa menurunkan bek naturalisasi, Otavio Dutra, yang masih dalam masa pemulihan cedera. Sebagai gantintya, ia menduetkan Ryuji Utomo dengan Maman Abdurrahman.

Di skuad Persija musim ini, hanya ada tiga bek murni yakni Dutra, Ryuji, dan Maman. Komposisi ini dinilai riskan soalnya dua nama terakhir sudah berusia uzur, 36 dan 37 tahun. Idealnya, satu tim punya empat bek tengah.

Sergio Farias paham dengan situasi tersebut, ia sudah punya opsi alternatif jika salah satu dari tiga bek tersebut kembali bermasalah dengan cedera, maka Farias akan menarik Marco Motta sebagai bek tengah.

"Kami punya Dutra. Dia sudah dua laga tak bermain. Sewaktu melawan Persebaya, Ryuji dikartu merah. Untuk satu musim, idealnya punya lima pemain belakang," kata Farias.

"Tapi, kami tak punya banyak pemain di posisi itu. Jika dibutuhkan, Motta akan dipasang sebagai bek tengah," ia menambahkan.

Dari evaluasi pramusim yang sudah dijalani, Farias melihat ada beberapa pemain yang kemungkinan besar bakal dimaksimalkan di lebih dari satu posisi. Di sektor bek sayap, Tony Sucipto bisa beroperasi di kiri maupun kanan.

"Cuma, kami harus persiapkan pemain lain dari posisi yang berbeda. Kami punya waktu untuk berkeksperkmen," pungkas pelatih asal Brasil.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA