Khawatir Virus Corona Juve vs Inter Tanpa Penonton

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Selasa 25 Februari 2020
share
(Foto: football-italia)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah Italia tengah berupaya serius mengantisipasi penyebaran virus Corona. Terbaru, Menteri Olahraga Italia merekomendasikan enam pertandingan pekan ke-26 Liga Serie A Italia digelar tertutup.

Italia merupakan negara Eropa dengan jumlah orang yang positif terjangkit virus Corona tertinggi. Sampai berita ini diturunkan, ada lebih dari 80 orang yang dinyatakan mengidap virus berbahaya tersebut, dengan jumlah kematian 2 orang.

Situasi tersebut memaksa pemerintah mengambil sejumlah langkah preventif guna menekan penyebaran virus yang pertama kali berasal dari Cina tersebut. Pekan lalu, wilayah Lombardy dan Veneto terpaksa menutup sebagian besar fasilitas publik mulai dari sekolah, pusat perbelanjaan dan perkantoran.

Langkah tersebut juga berimbas pada sektor olahraga, walikota Milan dan Genoa resmi mengeluarkan rekomendasi pertandingan Inter Milan versus Sampdoria yang harusnya digelar akhir pekan kemarin ditunda.

Tak sampai di situ, pertandingan leg kedua babak 32 besar Liga Europa antara Inter Milan versus Ludogorets di Giuseppe Meazza juga bakal dimainkan tertutup dan tanpa penonton.

Terbaru, Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, menyampaikan pesan pemerintah yang isinya 'darurat virus Corona' diperluas sampai ke tiga wilayah lainnya. Artinya, semua aktifitas di wilayah tersebut, termasuk olahraga, diminta tidak dimainkan atau opsi lainnya tetap berlangsung tanpa penonton.

"Pemantauan yang terus dilakukan, bahwa sejumlah event dilarang digelar sampai hari Minggu mendatang," demikian pernyataan Menteri Olahraga Italia.

"Awalnya, imbauan diberlakukan di Lombardy, Veneto, dan Piedmont. Sekarang kami memperluas ke Friuli Venezia Giulia, Emilia Romagna and Liguria."

"Di wilayah ini, larangan menggelar event olahraga masih berlaku, untuk beberapa event tertentu kami memberikan kesempatan menggelar secara tertutup," lanjut isi pernyataan.

Merespon pengumuman tersebut, operator Serie A segera mengadakan pertemuan dengan sejumlah klub yang bermarkas di wilayah-wilayah terdampak virus Corona. Hasilnya, mereka sepakat enam pertandingan pekan ke-26 tetap berlangsung secara tertutup.

Enam pertandingan tersebut termasuk Derby D'Italia yang mempertemukan Juventus versus Inter Milan di Allianz Arena TUrin pada 3 Maret mendatang.

Laga ini krusial bagi kedua tim yang tengah bersaing dalam perebutan scudetto. Juve saat ini masih nyaman di puncak klasemen dengan mengemas 60 poin dari 25 laga, unggul enam angka dari Inter di posisi tiga yang baru bermain 24 kali.

Berikut Enam Laga Pekan ke-26 Liga Serie A Italia yang Digelar Tertutup

Udinese-Fiorentina (Sabtu 1/3/2020)

AC Milan-Genoa (Sabtu 1/3/2020)

Parma-SPAL (Sabtu 1/3/2020)

Sassuolo-Brescia (Sabtu 1/3/2020)

Juventus-Inter (Minggu 2/3/2020)

Sampdoria-Hellas Verona (Minggu 2/3/2020)

Sumber: Football-Italia

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA