Bepe Dukung Brylian dan Bagus Main di Eropa

RA
Oleh Reza Adi Surya
Kamis 27 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Legenda sepakbola Indonesia, Bambang Pamungkas mendukung Brylian Aldama dan Bagus Kahfi melanjutkan karier di Eropa. Pria yang akrab disapa Bepe juga memberikan pesan kepada pemain-pemain Garuda Select.

Brylian, yang saat ini sedang digembleng dalam Program Garuda Select di Inggris, baru saja menandatangani kontrak dengan agen pemain berlisensi FIFA asal Belanda, Forza Sports Group. Hal itu untuk membantu mengurus administrasi kepindahannya ke salah satu klub Eropa.

Sementara itu, Bagus juga disebut-sebut diminati klub Eropa. Pemain Barito Putera memang sangat memimpikan bisa berkarier di Benua Biru. Apalagi Bagus mampu menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang selama mengikuti program Garuda Select.

Sejak kembali di panggil ke skuad Garuda Select pada akhir 2019, total Bagus mengemas 14 gol dan 10 di antaranya dicetak dalam empat laga sepanjang bulan Februari. Pujian pun kerap dilontarkan legenda Chelsea sekaligus Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise.

Bepe mengaku senang dengan kabar ada pemain Indonesia yang akan berkarier di Eropa dimana sebelumnya sudah ada Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaiman.

"Ini tentu menjadi kabar bagus untuk sepak bola Indonesia. Saya selalu berpendapat, jika semakin banyak pemain kita yang bermain di luar negeri maka akan semakin bagus, tidak hanya bagi si pemain namun juga untuk sepak bola Indonesia," kata Bepe.

"Kita tentu berharap prosesnya berjalan dengan lancar, dan semoga sukses untuk Brylian dan Bagus," tambahnya.

Pria yang kini menjabat sebagai manajer Persija Jakarta juga memberikan wejangan kepada pemain-pemain Garuda Select lainnya, terutama terkait media sosial.

"Mereka masih dalam pembentukan diri sebagai pemain profesional. Di era yang semakin modern seperti saat ini gangguan atau cobaan yang akan mereka dapatkan sangatlah besar, terutama dari media sosial," ungkap Bepe.

"Jadi, pesan saya berhati-hati dan pandai-pandailah memilah, mana yang perlu dan mana yang tidak perlu untuk dilakukan," ujarnya.

Bepe menyambut baik program seperti Garuda Select. Tapi, hal semacam itu bukan yang pertama kali ada di Indonesia. Sebelumnya sudah ada Primavera, SAD, dan Baretti.

"Sekali lagi program seperti Garuda Select ini tentu bagus. Namun, akan sangat bijaksana jika dibarengi dengan pembinaan serta kompetisi usia dini di dalam negeri yang berjenjang dan juga berkualitas," ucap Bepe.

"Karena program seperti Primavera, Baretti, SAD, maupun Garuda Select ini hanya mencakup sebagian kecil dari bibit-bibit muda kita. Rasanya PSSI juga memiliki tanggung jawab yang sama, kepada pesepak bola muda yang lain yang berkompetisi di dalam negeri," tandasnya.

Program Garuda Select yang merupakan hasil kerja sama jangka panjang antara PSSI dan Mola TV diharapkan mampu menelurkan bakat-bakat muda terbaik, yang akan menjadi tulang punggung tim nasional Indonesia di masa mendatang.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA