FIFA Minta Transfer Darurat Seperti Barca Dihapus

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Jumat 28 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - FIFA menyoroti transfer darurat yang dilakukan Barcelona pada Februari ini. FIFA meminta kepada Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF) menghapus aturan transfer tersebut.

Barcelona mendatangkan Martin Braithwaite dari Leganes pada 20 Februari lalu setelah menebus klausul pelepasannya sebesar 18 juta Euro.

Transfer ini menuai polemik, pasalnya terjadi di luar jendela transfer. Selain itu, Leganes yang tengah berjuang menjauh dari degradasi tidak diperbolehkan mencari pemain pengganti Braithwaite.

Namun demikian, transfer darurat yang dilakukan Barca tetap sah menurut aturan RFEF. Sebuah klub diizinkan merekrut pemain baru diluar jendela transfer resmi dengan catatan ada beberapa pemainnya yang harus absen lama (minimal 5 bulan) menyebabkan tim kekurangan pemain.

Dalam kasus ini, Barca mengalami krisis penyerang menyusul cedera Luis Suarez dan Ousmane Dembele yang memaksa keduanya harus menyudahi musim lebih awal. Praktis Barca cuma punya Lionel Messi dan Antoine Griezmann di lini depan.

Terkait polemik tersebut, FIFA sudah meminta RFEF menghapus aturan transfer darurat karena dinilai akan merugikan salah satu klub. Ini bukan pertama kali badan sepakbola dunia itu mengajukan permintaan serupa, pada 2016 lalu permintaan FIFA tersebut ditolak.

Sumber: Marca

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA