Imbas Corona, MotoGP Qatar dan Thailand Batal

RA
Oleh Reza Adi Surya
Selasa 03 Maret 2020
share
(Autosport)

INILAHCOM, Doha - Dua seri pembuka MotoGP 2020 di Qatar dan Thailand dibatalkan karena semakin mewabahnya virus Corona.

Balapan pembuka MotoGP Qatar sejatinya digelar Minggu (8/3/2020) mendatang. Tapi, balapan itu dibatalkan karena peraturan pemerintah setempat yang melarang warga asal Italia.

Enam pebalap MotoGP berasal dari Italia, salah satunya Valentino Rossi. Selain itu, beberapa tim MotoGP juga bermarkas di Italia. Negeri Pizza itu menjadi negara Eropa terparah kasus virus Corona, terutama di Italia Utara.

Balapan MotoGP Thailand yang sejatinya digelar pada 23 Maret juga dibatalkan dengan alasan serupa. Virus Corona sudah menyebar di berbagai negara yang awal mulanya berasal dari Kota Wuhan, China.

"Italia jelas memiliki peran vital pada kejuaraan dan di kelas MotoGP, di dalam dan luar lintasan. Untuk itu, keputusan diambil dengan membatalkan balapan kelas premier," bunyi pernyataan MotoGP, dikutip dari BBC.

Secara global, sekitar 86 ribu orang terinfeksi virus Corona yang mayoritas terjadi di Wuhan. Di Italia, dilaporkan ada 1.700 kasus dan 34 meninggal dunia.

Hanya balapan kelas MotoGP yang dibatalkan. Sementara itu, kelas Moto2 dan Moto3 akan tetap berjalan sesuai jadwal karena semua tim sudah ada di Qatar untuk tes pramusim.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA