MotoGP Argentina Tak Terpengaruh Virus Corona

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Rabu 04 Maret 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pemegang hak komersial MotoGP, Dorna, mengonfirmasi balapan seri keempat MotoGP 2020 di Argentina dipastikan tetap berlangsung di tengah kekhawatiran penyebaran Virus Corona (Covid-19). Apa alasannya?

Balapan MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 17-19 April 2020 dipastikan akan tetap berlangsung sesuai jadwal, meskipun beberapa seri MotoGP tahun ini harus ditunda disebabkan masifnya penyebaran Virus Corona.

Keputusan tetap menggelar MotoGP Argentina setelah mendapat lampu hijau dari Pemerintah Argentina. Kementerian Kesehatan Argentina menyatakan tidak ada aturan khusus bagi pendatang di tengah merebaknya Virus Corona secara global.

"Argentina saat ini tidak memberlakukan pembatasan terkait Virus Corona serta tidak ada masalah yang diproyeksikan karena protokol keamanan dari Kementerian Kesehatan dan Pemerintah di Santiago del Estero," demikian pernyataan resmi Dorna.

"Tanggal pelaksanaan MotoGP Argentina akan berjalan normal dan akan terus menjadi bagian dari kalender Kejuaraan Dunia 2020," lanjut isi pernyataan.

Satu seri balap lainnya di Benua Amerika, MotoGP Amerika Serikat, masih diragukan bisa berjalan sesuai jadwal. Pasalnya, Pemerintah AS memberlakukan travel warning level 4 bagi pendatang yang berasal dari Wilayah Italia utara yang mencakup Lombardia dan Veneto.

Sebelumnya, Dorna mengonfirmasi seri pembuka di Sirkuit Lossail, Qatar dan MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram harus ditunda. Qatar memberlakukan karantina selama dua pekan bagi pendatang yang pernah mengunjungi Italia.

Aturan ini tentu menjadi permasalahan tersendiri bagi pebalap berasal dari Negeri Pizza. Italia diketahui sebagai negara di Eropa dengan pasien positif terinfeksi Virus Corona terbanyak.

Sedangkan Pemerintah Thailand menginstruksikan semua event olahraga ditunda guna mencegah penyebaran Virus Corona di kerumunan orang banyak.

Sumber: Crash

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA