Terungkap Ronald Koeman Pernah Tolak Latih Barca

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Kamis 05 Maret 2020
share
Ronald Koeman - (Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Amsterdam - Barcelona diketahui pernah melakukan pendekatan pada Ronald Koeman usai memecat Ernesto Valverde. Namun, Koeman menolak tawaran Barca dan lebih memilih melanjutkan karier di timnas Belanda.

Barca memecat Valverde di akhir paruh pertama musim ini, penyebabnya ia dinilai gagal mengangkat performa Los Blaugrana menyusul hasil inkonsisten di level domestik.

Sebelum menunjuk Quique Setien sebagai pelatih baru, manajemen Barca pernah berusaha membujuk Koeman untuk mengisi posisi pelatih. Namun, upaya mereka tak berhasil.

Koeman yang pernah memperkuat Barca selama enam musim memilih fokus melanjutkan tugasnya sebagai pelatih utama Timnas Belanda.

"Ya, saya katakan tidak karena saya sekarang bagian dari tim nasional (Belanda)," ujar Koeman dalam wawancara dengan Goal.

Dalam kesempatan tersebut, Koeman juga angkat bicara mengenai Frenkie de Jong di musim perdananya bersama El Barca. Menurut pelatih 56 tahun, De Jong kesulitan mengeluarkan kemampuan terbaiknya seperti di Ajax disebabkan pelatih tidak menempatkannya di posisi ideal.

Saat masih bermain bersama Ajax, gelandang 22 tahun bermain di belakang dua penyerang. Sedangkan di Barca, ia lebih sering diplot melebar ke sisi sayap.

"De Jong mendapat banyak kesempatan bermain di Barca dan itu positif."

"Tetapi dia bermain di posisi berbeda dari biasanya. Tetapi, itu adalah keputusan pelatih."

"Dia sangat muda dan dari bermain Anda bisa banyak belajar. Tetapi, saya pikir dia bermain berbeda saat bersama saya di tim nasional," pungkasnya.

Sejauh ini, dari 32 penampilan di semua ajang bersama Barca, De Jong baru mengemas dua gol dan melepaskan dua assists.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA