Shin Tae-Yong Sampaikan Evaluasi TC Timnas ke PSSI

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Jumat 06 Maret 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Shin Tae-Yong mengadakan pertemuan tertutup dengan PSSI. Dalam kesempatan tersebut, Tae-Yong memaparkan hasil pemusatan latihan timnas Indonesia.

Shin Tae-Yong bertemu dengan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam sebuah rapat tertutup di Jakarta, Rabu (4/3/2020) kemarin. Pelatih asal Korea Selatan menjelaskan secara detail perkembangan timnas Indonesia baik level junior maupun senior.

Di awal masa kerjanya, Tae-Yong memanggil 55 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat. Setelah diseleksi tersisa 28 pemain yang kemudian dibawa menjalani TC ke Thailand.

Di Negeri Gajah Putih, Timnas Indonesia U-19 melakukan serangkaian uji coba dengan klub asal Korea Selatan. Hasilnya, dari lima pertandingan Indonesia U-19 menelan empat kekalahan yakni 1-5 melawan Busan IPark, 0-2 dari Kyung Hee University, 0-4 dan 1-4 dari Seongnam FC, dan menang 2-1 pada laga kedua melawan Kyung Hee University.

"Kalau dilihat skornya memang banyak kebobolan. Namun, dalam kondisi pemain letih, baru selesai liga, seharusnya malah kebobolannya bisa lebih banyak lagi," kata Tae-Yong dalam rilis yang diterima INILAHCOM.

Dalam kesempatan itu, Tae-Yong juga memaparkan evaluasi masing-masing pemain yang mengikuti TC di bawah pantauannya. Ia menjelaskan nama pemain, posisi, kelebihan serta kekurangan.

Dalam penilaiannya, aspek fisik para pemain menjadi fokus utama perbaikan. Ia menyebut pesepakbola Indonesia cepat sekali mengalami kelelahan dalam sebuah pertandingan.

"Secara fisik sangat kurang. Setelah menit ke-20, para pemain terlihat capek. Karena itu, di Chiang Mai kami berkonsentrasi meningkatkan kemampuan fisik."

"Intinya, jika dibandingkan dengan para pemain Timnas U18 dan U19, kondisi fisik pemain timnas Indonesia sangat jauh di bawah," lanjutnya menambahkan.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 juga menekankan banyak hal mendasar harus diperhatikan para pemain timnas Indonesia. Misalnya, keseimbangan jumlah dan intensitas latihan, asupan nutrisi, serta waktu istirahat yang tepat guna mengurangi risiko cedera.

"Penting juga terkait pemilihan sepatu bola yang tepat sesuai posisi pemain. Ini hal kecil, tetapi membuat perbedaan sangat besar," ia memungkasi

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA