Putaran Lima Piala FA

MU ke Perempatfinal Usai Kalahkan Derby County 3-0

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Jumat 06 Maret 2020
share
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Derby - Manchester United melangkah ke babak perempatfinal Piala FA usai menang meyakinkan 3-0 atas Derby County. Odion Ighalo memborong dua gol di laga ini.

Pertandingan putaran kelima Piala FA antara Derby County versus Manchester United berlangsung di Pride Park Stadium, Jumat (6/3/2020) dini hari WIB. Pada laga ini, Derby County memasang mantan penyerang MU, Wayne Rooney sebagai starter.

Selepas kickoff, MU berupaya memegang kendali permainan. Sedangkan Derby bertahan dengan baik dan membangun serangan balik.

Namun demikian, malah Derby County yang memiliki peluang terlebih dulu. Pada menit kesepuluh, sepakan Sibley dari depan kotak penalti masih melenceng tipis di sisi kanan gawang.

Delapan menit berselang, Derby kembali melepaskan ancaman. Kali ini sepakan bebas Rooney tepat ke gawang, tapi masih bisa diamankan dengan mudah oleh Sergio Romero.

United baru mendapat percobaan tepat ke gawang pada menit ke-27. Sepakan Juan Mata masih mudah ditangkap kiper Derby, Ross.

Setan Merah hampir membuka keunggulan pada menit ke-32. Ighalo menyambar bola liar yang bergulir di depan gawang Derby. Tapi, Ross mampu menutup ruang dan mematahkan penyerang asal Nigeria itu.

Semenit berselang, MU akhirnya mampu memecah kebuntuan. Memanfaatkan bola liar, Luke Shaw menyambutnya dan melakukan tendangan memantul tanah yang membobol gawang Derby.

United menggandakan skor pada menit ke-41, kali ini giliran Ighalo yang mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan Shaw, meski dijaga tiga pemain, Ighalo mampu berkelit dan menyelesaikan peluang tersebut jadi gol. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Di awal babak kedua, Derby menebar ancaman ke gawang MU. Sundulan Waghorn menyambut umpan Bogle nyaris membobol gawang MU. Bola masih melayang tipis.

Menit ke-56, Shaw ganti melepaskan ancaman ke gawang tuan rumah. Kali ini upayanya dari jarak dekat masih bisa dimentahkan kiper.

The Red Devils menjauhkan keunggulan jadi 3-0 pada menit ke-70. Juan Mata lolos dari perangkap offside dan memberikan umpan tarik ke Ighalo. Sepakan pertamanya masih bisa dihadang bek lawan, tapi bola kembali jatuh padanya dan sepakan keduanya yang berujung gol.

Usai gol tersebut MU menurunkan intensitas serangan. Situasi tersebut coba dimaksimalkan Derby gua mencetak gol. Rooney setidaknya punya tiga peluang, di menit ke-76 sepakannya masih bisa ditepis Romero.

Begitu juga dua peluang selanjutnya mendekati akhir laga masih mampu digagalkan Romero yang bermain apik di laga tersebut. Sampai laga usai skor 3-0 bagi keunggulan MU atas Derby County tak berubah.

Dengan hasil tersebut MU berhak melaju ke babak perempafinal Piala FA. Mereka akan jumpa Norwich City yang berhasil menyingkirkan Tottenham Hotspur di putaran lima lewat adu penalti.

Susunan Pemain

Manchester United: Romero, Dalot, Lindelof, Bailly, Shaw (Williams 79'), McTominay, Fred (Martial 72'), Fernandes (Pereira 67'), Lingard, Mata, Ighalo.

Derby County: Roos, Forsyth, Waghorn (Marriot), Lawrence (Whittaker 43'), Evans, Lowe, Rooney, Bogle, Knight, Sibley, Bird (Shinnie 79').

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA