Ada Opsi Menyudahi Serie A di Bulan Maret

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Selasa 10 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Italia resmi menunda pertandingan Serie A dan Serie B hingga April mendatang terkait penyebaran Virus Corona. Ada tiga opsi yang mungkin bisa diambil untuk merampungkan kompetisi.

Keputusan itu diambil setelah meningkatnya kasus positif Virus Corona di Italia. Kini, tercatat ada 7.985 orang terinfeksi virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina. Jumlah kematian mencapai 97 orang dalam 24 jam terakhir.

Awalnya, pemerintah Italia memberlakukan zona merah di wilayah Lombardy, Italia Utara, hingga 3 April mendatang. Tapi, ini semua kawasan Italia diberlakukan zona merah. Konsekuensinya, semua pertandingan Liga Serie A dan Serie B Italia hingga akhir Maret harus ditunda.

Otoritas wilayah melarang aktifitas warganya di ruang-ruang publik maupun perjalanan keluar kota. Pengecualian diberikan pada mereka yang bertugas di fasilitas kesehatan dan keperluan darurat.

Situasi itu menyebabkan kekecauan jadwal Serie A dan Serie B. Sampai pekan kedua Maret ini saja klub-klub Serie A sudah ada yang mengalami dua sampai tiga penundaan. Artinya, jumlah laga tunda akan bertambah banyak sampai akhir bulan ini menyusul diberlakukannya keputusan tersebut.

Di tengah situasi yang masih belum menentu, muncul pertanyaan langkah apa yang mungkin bisa diambil operator Liga Italia? Dilansir Football-Italia, ada tiga opsi yang bisa diambil Lega Serie A dalam situasi demikian. Pertama, pilihan menunda pertandingan Piala Eropa 2020 antara Italia versus Turki di Roma pada 12 Juni diyakini paling ideal bila penyebaran Virus Corona di Italia belum menunjukkan penurunan.

Alternatif lainnya, memainkan secara bersamaan semua pertandingan tunda di bulan akhir musim kompetisi 2019-2020 (Mei-Juni). Skemanya, ada satu pertandingan setiap dua sampai tiga hari, serta menunda semua agenda Coppa Italia sampai Juni atau Agustus.

Sedangkan skenario terburuknya adalah menyudahi liga di bulan ini, konsekuensinya FIGC tidak akan memberikan gelar juara liga. Namun, tetap mengesahkan tim-tim yang lolos ke kompetisi Eropa sesuai dengan posisi terakhir mereka di klasemen.

Selain itu, FIGC juga tidak memberlakukan degradasi. Sedangkan dua tim teratas dari Serie B saat dihentikan berhak promosi. Artinya, musim depan Serie A akan diikuti 22 tim.

Sumber: Football-Italia

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA