Arsenal Karantina Pemain Terkait Virus Corona

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Rabu 11 Maret 2020
share
(Arsenal)

INILAHCOM, London - Arsenal memutuskan mengkarantina beberapa pemainnya karena berpotensi terinfeksi Virus Corona. Langkah tersebut diambil setelah laga melawan Manchester City resmi ditunda.

Arsenal harusnya menjalani laga tunda melawan Manchester City di Etihad Stadium, Kamis (12/3/2020) dini hari WIB. Namun, pertandingan tersebut terpaksa kembali ditunda di tengah kekhawatiran penyebaran Virus Corona di Eropa yang semakin masif.

Penundaan tersebut dimanfaatkan Arsenal untuk mengarantina sejumlah pemain yang sempat bertemu dengan pemilik Olympiakos, Evangelos Marinakis. Pria Yunani tersebut dikonfirmasi terinfeksi Virus corona.

Pertemuan beberapa pemain Arsenal dengan Marinakis yang juga pemilik Nottingham Forest terjadi seusai laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa yang mempertemukan The Gunners dengan Olympiakos di Emirates Stadium pada 28 Februari.

Tak diketahui dengan jelas interaksi seperti apa yang dilakukan pemain saat bertemu dengan Marinakis. Namun, Arsenal tak ingin mengambil risiko lebih besar mengingat penyebaran virus Corona lebih mudah lewat kontak antar manusia.

Para pemain yang namanya dirahasiakan harus berada terpisah selama 14 hari, terhitung sejak pertandingan itu. Selain itu, empat staf (Arsenal) yang duduk dekat Marinakis juga harus menjalani prosedur karantina.

"Menyusul kabar kemarin bahwa pemilik Olympiakos, Evangelos Marinakis baru terinfeksi Covid-19 kami sudah mendapatkan saran medis dan menelusuri individu-individu yang mengalami sesuatu yang disebut dalam panduan sebagai kontak dekat dengannya pada 13 hari lalu," demikian pernyataan resmi Arsenal.

"Sebagai hasilnya, kami mengindentifikasi bahwa sejumlah pemain bertemu dengan pemilik Olympiakos sesaat setelah pertandingan. Saran medis yang telah kami terima menempatkan risiko mereka terkena Covid-19 saat rendah."

"Meski demikian, kami dengan sangat ketat mengikuti panduan pemerintah yang merekomendasikan siapapun yang mengalami kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi virus untuk mengisolasi diri di rumah selama 14 hari sejak terakhir kali mengalami kontak," tutup isi pernyataan.

Liga Premier Inggris belum terdampak secara signifikan terkait penyebaran Virus Corona di benua Eropa. Kompetisi masih bisa berjalan sesuai jadwal, serta belum ada pertandingan yang ditunda ataupun dilangsungkan tertutup.

Berbeda dengan di Italia dan Spanyol, dua negara tersebut memberlakukan zona merah di sejumlah wilayah. Akibatnya, berdampak pada penyelenggaraan liga yang kacau karena banyak pertandingan ditunda.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA