FIGC Siapkan Skema Play-off Tentukan Scudetto

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Rabu 11 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Liga Serie A Italia 2019-2020 terancam tak bisa rampung sesuai jadwal. FIGC kini tengah menyiapkan skema penentuan tim juara.

Pemerintah Italia resmi menunda semua event olahraga sampai 3 April mendatang. Keputusan tersebut diambil menyusul semakin meningkatnya kasus positif Virus Corona di Negeri Pizza. Sampai berita ini diturunkan sudah lebih dari 9 ribu orang yang dinyatakan terinfeksi virus mematikan tersebut.

Penundaan tersebut berimbas pada terhentinya kompetisi Serie A dan Serie B sejak pekan kemarin. Jika situasi seperti ini terus berlanjut tanpa bisa diprediksi kapan berakhir, konsekuensinya jadwal liga jadi kacau.

FIGC mengakui penundaan sampai awal April masih mungkin direvisi tergantung situasi terbaru. Skema terburuknya, jika liga tidak bisa rampung sesuai jadwal maka penentuan tim juara dilakukan lewat play-off.

"Kami berharap musim ini bisa diselesaikan sesuai rencana, karena jika kami bisa memulai lagi pada 3 April masih ada kesempatan untuk memainkan pertandingan-pertandingan yang tertunda," ujar Presiden FIGC, Gabriele Gravina.

Gravina menjelaskan opsi alternatif penentuan scudetto adalah mempertemukan empat tim teratas klasemen di pekan terakhir sebelum liga dinyatakan selesai. Skema play-out digunakan untuk memastikan tim yang terdegradasi.

Untuk babak play-off perebutan scudetto, keempat tim akan saling bertemu, juaranya adalah mereka yang meraih poin terbanyak. Sampai pekan ke-26 Liga Serie A Italia, empat tim teratas yakni Juventus (63 dari 26 laga), Lazio (62 dari 26 laga), Inter Milan (54 dari 25 laga) dan Atalanta (48 dari 26 laga). Sedangkan di empat tim terbawah saat ini adalah Genoa (25), Lecce (25), SPAL (18) dan Brescia (16).

"Saya tergerak mengemukakan ide play-off dan play-outs guna menghormati nilai olahraga sebuah kompetisi. (Play-0ffs) akan melibatkan empat tim teratas untuk memperebutkan scudetto dan empat tim terbawah untuk menentukan degradasi," lanjut Gravina.

Lebih lanjut, Gravina akan terlebih dulu berkomunikasi dengan UEFA dalam menentukan wakil Italia di kompetisi Eropa musim depan. Musim ini, Italia mendapat jatah enam tim main di kompetisi Eropa. Empat tim teratas klasemen akhir liga musim lalu berhak tampil di Liga Champions Eropa, sedangkan dua tim lainnya berlaga di Liga Europa.

"FIGC akan memberitahu kepada UEFA siapa yang akan berpartisipasi di kompetisi Eropa musim depan,"ia memungkasi.

Sumber: Football-Italia

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA