16 Besar Liga Champions Eropa

10 Fakta Usai Atletico Singkirkan Liverpool

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Kamis 12 Maret 2020
share
(Uefa.com)

INILAHCOM, Liverpool - Atletico Madrid melaju ke babak perempatfinal Liga Champions Eropa setelah mengalahkan juara bertahan, Liverpool. Berikut data dan fakta yang tercipta usai pertemuan kedua klub.

Atletico menghentikan langkah Liverpool di babak 16 besar berkat keunggulan agregat 4-2. Di pertemuan pertama, Los Rojiblancos membukukan kemenangan tipis 1-0. Kemudian di leg kedua yang berlangsung di Anfield, Kamis (12/3/2020) dini hari WIB, tim asuhan Diego Simeone kembali menang dengan skor 2-3.

Kedua tim harus bermain hingga extra time 2x15 menit. The Reds sempat unggul terlebih dulu berkat gol Georginio Wijnaldum di menit ke-43. Skor 1-0 bertahan sampai laga 90 menit usai. Karena agregat sama kuat 1-1, maka pertandingan harus berlanjut ke masa tambahan waktu.

Si Merah mencetak gol kedua pada menit ke-94 lewat kaki Roberto Firmino. Namun, Atletico mampu menipiskan skor jadi 2-1 tiga menit berselang, kali ini giliran Marcos Llorente yang mencatatkan namanya di papan skor. Petaka bagi Liverpool terjadi di penghujung extra time, gol Alvaro Morata memastikan kemenangan Atletico atas Liverpool 3-2.

Kegagalan ini jadi yang kedua dalam kurun waktu sebulan terakhir, sebelumnya Mohamed Salah dkk juga tersingkir di ajang Piala FA usai dikalahkan Chelsea.

Berikut data dan fakta usai Atletico menumbangkan Liverpool di babak 16 besar seperti yang dilansir dari BBC:

- Untuk pertama kalinya Liverpool gagal lolos dari babak knockout di kompetisi Eropa di bawah Jurgen Klopp, setelah sebelumnya memenangkan 10 pertandingan.

- Liverpool kalah di laga kandang Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya sejak tahun 2006.

- Ini menjadi kelima kalinya Atletico Madrid melaju ke babak selanjutnya di Liga Champions Eropa setelah memenangkan leg pertama. Sejauh ini, satu kegagalan dialami musim lalu saat jumpa Juventus. Menang 2-0 di leg pertama, Atletico kalah 0-3 di leg kedua.

- Liverpool tumbang dalam dua leg di Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya sejak babak 16 besar musim 2005-06 melawan Benfica.

- Untuk pertama kalinya di Liga Champions Eropa empat gol tercipta di babak tambahan.

- Marcos Llorente menjadi pemain Atletico kedua yang mencetak gol sebagai pemain pengganti dalam pertandingan Liga Champions, setelah Sergio Aguero melawan Chelsea pada November 2009.

- Roberto Firmino mencetak gol pertamanya di Anfield dalam 20 pertandingan, terakhir kali dia melakukannya saat Liverpool menghadapi Porto pada April 2019 atau 337 hari lalu.

- Empat dari lima gol Georginio Wijnaldum di Liga Champions Eropa bagi Liverpool tercipta di fase gugur.

- Pemain Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain telah terlibat langsung dalam empat gol di Liga Champions eropa musim ini (3 gol, 1 assist). Ini menyamai catatan terbaiknya musim 2014-15 saat masih memperkuat Arsenal.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA