Jan Oblak adalah Lionel Messi-nya Atletico

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Kamis 12 Maret 2020
share
(Skysports)

INILAHCOM, Liverpool - Jan Oblak jadi pahlwan kemenangan Atletico Madrid atas Liverpool. Diego Simeone bahkan menyebut Oblak sebagai Lionel Messi-nya Atletico.

Atletico bertamu ke kandang Liverpool, Anfield, Kamis (12/3/2020) dini hari WIB, pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions Eropa. Unggul 1-0 di leg pertama, Atletico sebenarnya cuma butuh hasil imbang untuk memastikan tempat di perempatfinal.

Menghadapi permainan ofensif Liverpool yang berupaya membalikkan agregat, Diego Simeone menginstruksikan pemainnya bermain bertahan dan sesekali melancarkan serangan balik cepat. Strategi Simeone membuahkan hasil, Los Rojiblanco menang 3-2 atas Si Merah.

The Reds sempat 2-0 sampai masa extra time berkat gol Georginio Wijnaldum (43') dan Roberto Firmino (94'), Atletico berbalik unggul setelah Marcos Llorente mencetak dua gol (97' dan 105') serta satu gol Alvaro Morata (120'). Hasil ini meloloskan Atletico ke perempatfinal berkat keunggulan agregat 4-2.

Keberhasilan Atletico menumbangkan sang juara bertahan tak lepas dari peran besar Jan Oblak di bawah gawang. Sepanjang pertandingan, gawang Atletico tak pernah sepi dari ancaman Liverpool. Statistik mencatat ada 14 shots mengarah ke gawang Atletico, namun cuma dua yang berujung gol.

Oblak menjadi tembok kokoh di pertahanan terakhir Atletico, kiper 27 tahun setidaknya melakukan sembilan penyelematan krusial yang mencegah gawangnya dari kemasukan gol lebih banyak lagi.

Seusai laga, Diego Simeone tak ragu melontarkan pujian pada anak asuhnya itu. Dia menyebut Oblak sebagai Messi-nya Atletico. Meski berbeda posisi, Oblak kerap tampil sebagai penentu kemenangan.

"Tak diragukan lagi, Oblak merupakan kiper terbaik di dunia," kata Simeone.

"Oblak sangat penting, seperti (Stefan) Savic, Felipe, (Joao) Felix, kami memiliki kiper terbaik di dunia seperti Barcelona memiliki (Lionel) Messi yang merupakan pembeda bagi mereka."

"Oblak yang terbaik dan menjadi pembeda buat kami dan untuk itu dia berada di tempat yang selayaknya dia berada," pungkas Simeone.

Sumber: Football-Espana

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA