Jika Kompetisi Dihentikan, Berapa Kerugian LaLiga?

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Jumat 13 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Madrid - Pertandingan dua divisi teratas Liga Spanyol resmi ditunda sementara. Jika LaLiga terpaksa dihentikan, nilai kerugiannya diprediksi bisa mencapai angka 600 juta Euro.

Otoritas Liga Spanyol memutuskan untuk menangguhkan sementara pertandingan LaLiga dan Divisi Segunda sampai akhir Maret ini. Langkah tersebut diambil setelah pemain basket Real Madrid, Trey Thompskin, dinyatakan positif Virus Corona.

Kabar tersebut memaksa Real Madrid mengkarantina semua pemain sepakbolanya. Mereka diminta berlatih dan menjaga kebugaran fisik di rumah masing-masing.

Sampai pekan ini, LaLiga sudah memainkan 27 pertandingan, sementara Divisi Segunda sudah berjalan 31 pekan. Ini berarti keduanya sama-sama menyisakan 11 pertandingan.

Bila penundaan tersebut terus berlanjut dan kompetisi liga tak bisa diselesaikan maka LaLiga diprediksi mengalami kerugian mencapai 600 juta Euro. Kerugian terbesar berasal dari hak siar televisi yang mencapai angka 494 juta Euro (8,1 triliun).

Kerugian lainnya bakal datang dari pendapatan tiket terusan yang diperkirakan sebesar 78,1 juta Euro (1,2 triliun) serta tiket pertandingan sebesar 38,8 juta Euro (639 miliar Rupiah).

"Kehancuran ekonomi terasa masif, LaLiga menaksir angka kerugian sekitar 600 juta Euro. Itu tidak bisa terjadi," kata Presiden Atletico Madrid, Enrique Cerezo.

"Coba Anda pikirkan, sekarang klub-klub memperoleh penghasilan terbesar dari hak sir televisi dan penundaan berikbat fatal bagi semua klub," ia menambahkan.

Lebih lanjut, Cerezo menyebut penundaan tersebut bersifat situasional. Tak menutup kemungkinan operator bisa memperpanjang penangguhan liga jika penyebaran Virus Corona tak juga menunjukkan penurunan dalam dua pekan kedepan.

"Sayangnya, saya tidak tahu (liga bisa digelar dalam waktu dekat)."

"Seperti yang mereka katakan di radio, televisi, serta dari pemberitaan jurnalis nampaknya ini akan berlangsung sampai lebih dari dua pekan, tetapi saya pribadi tidak tahu seberapa lama ini akan terjadi," ia memungkasi.

Sumber: Marca

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA