Jika Liga Inggris Setop Bagaimana Nasib Liverpool?

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Jumat 13 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Liga Premier Inggris diambang penangguhan di tengah penyebaran Virus Corona di Eropa. Jika Liga Inggris tak berlanjut, tak ada jaminan Liverpool dinobatkan sebagai juara musim ini.

WHO telah menetapkan Virus Corona sebagai pandemi. Lebih dari 130 ribu orang terkonfirmasi positif virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina. Sampai 13 Maret 2020, virus tersebut telah menewaskan 5 ribu orang.

Penyebaran Virus Corona secara global turut mengganggu kelangsungan event olahraga sepanjang Februari sampai beberapa bulan kedepan. Di Eropa, sejumlah negara dengan kompetisi sepakbola terbaik terpaksa menangguhkan pertandingan sampai bulan depan.

Italia, negara dengan jumlah positif Virus Corona terbanyak di benua biru, resmi menunda semua pertandingan Serie A dan B sampai 3 April mendatang. Langkah serupa diikuti Liga Spanyol dan Eredivise Belanda.

Lalu, bagaimana dengan Liga Premier Inggris? Dilansir dari The Guardian, Premier League resmi ditunda mulai pekan ini sampai pekan April mendatang setelah kabar pelatih Arsenal, Mikael Arteta, serta pemain muda Chelsea, Hudson Callum-Odoi, positif terkena Virus Corona.

Muncul pertanyaan, jika Liga Premier Inggris harus dihentikan sementara atau skema terburuknya tak selesai, apakah akan mempengaruhi penentuan gelar juara?

Tim-tim Liga Premier Inggris sejauh ini sudah memainkan 28 dan 29 pertandingan, artinya menyisakan delapan dan sembilan laga sampai akhir musim. Liverpool menjadi kandidat terkuat meraih trofi liga musim ini, skuad asuhan Jurgen Klopp cuma membutuhkan dua kemenangan lagi untuk menyegel gelar juara.

The Reds berpeluang memastikan gelar juara lebih awal di pekan ke-31 jika mampu menang dari EVerton (16/3) dan Crystal Palace (21/3). Namun, impian Si Merah mengangkat trofi liga setelah menanti selama 30 tahun bisa sirna bila operator memutuskan Liga Premier Inggris dihentikan.

Dilansir dari Telegraph, tidak ada jaminan Liverpool akan dinobatkan sebagai juara jika Liga Premier Inggris musim ini disetop karena penyebaran Virus Corona. Pasalnya, Liga Premier Inggris tak punya aturan menentukan tim juara bila liga terpaksa dihentikan karena pertimbangan force majeure.

Namun, berdasarkan laporan yang dilansir Liverpool Echo, operator Liga Premier Inggris masih menahan pembahasan mengenai kemungkinan menyudahi liga lebih awal.

Sumber: Goal

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA