Laga Atalanta Vs Valencia Jadi Penyebar Covid-19?

RA
Oleh Reza Adi Surya
Jumat 20 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Bergamo - Pertandingan antara Atalanta melawan Valencia di ajang Liga Champions kemungkinan menjadi pemicu penyebaran Covid-19 di Bergamo. Hal itu diungkapkan ahli imunologi, Francesco Le Foche.

Pertandingan itu digelar di San Siro, Milan pada Februari lalu. Laga tersebut menjadi sejarah bagi Atalanta, karena untuk pertama kalinya tampil di 16 besar Liga Champions dan menang 4-1.

Laga bersejarah itu menyedot perhatian setidaknya 40 ribu fans Atalanta dari Bergamo ke Milan. Khusus di Liga Champions, Atalanta menggunakan stadion San Siro yang berada di Milan.

Lombardy merupakan wilayah terbanyak kasus Covid-19 di Italia dimana Bergamo adalah salah satu kota dengan kasus Covid-19 terparah. Tercatat 533 orang meninggal di Bergamo sejak krisis dimulai dimana 93 di antaranya meninggal dalam 24 jam terakhir.

"Kemugkinan ada beberapa pemicu utama dalam penyebaran virus. Pertandingan Atalanta melawan Valencia bisa jadi salah satunya. Itu adalah puncak eforia kolektif dalam musim yang unik untuk Atalanta," ujar Le Foche, dikutip dari Football Italia.

"Sebulan telah berlalu sejak pertandingan itu, jadi waktunya tepat. Ada ribuan orang berkumpul, dengan jarak hanya satu centimeter dari satu orang ke orang lain, terlibat dalam eforia seperti berpelukan, berteriak yang semua itu berpeluang besar menyebarkan virus," tambahnya.

"Saya bisa membayangkan, banyak oang tak ingin melewatkan pertandingan itu jika sudah punya tiket meskipun saat itu sedang demam. Jika melihat lagi ke belakang, mungkin tak terpikirkan kondisinya akan seperti ini dimana ada kerumunan orang yang hadir," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA