PM Jepang: Penundaan Olimpiade Jadi Sebuah Pilihan

AP
Oleh Andi Putra
Selasa 24 Maret 2020
share
(straitstimes)

INILAHCOM, Tokyo - Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, mengatakan bahwa menunda gelaran Olimpiade 2020 Tokyo dapat menjadi pilihan untuk saat ini.

Sebelumnya Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah mengadakan pertemuan darurat untuk membahas skenario pelaksanaan Olimpiade 2020 menyusul mewabahnya pademi virus corona, termasuk kemungkinan penundaan.

"Jika itu menjadi sulit, kita mungkin tidak punya pilihan selain mempertimbangkan menunda Olimpiade. Mengingat prinsip Olimpiade adalah mengutamakan kesehatan Atlet," kata Abe dikutip dari straitstimes.

Abe mengungkapkan bahwa dia telah menyampaikan pandangannya tentang nasip Olimpiade kepada ketua Olimpiade Tokyo, Yoshi Mori, dan kemudian membahas masalah tersebut dengan presiden IOC, Thomas Bach.

"Lebih baik membuat keputusan sedini mungkin tentang apakah akan menunda Olimpiade, meskipun keputusan akhir tergantung pada IOC," tambah Abe.

Lebih dari 13.000 orang telah meninggal dunia sejak wabah virus corona dimulai di Cina akhir tahun lalu. Pada hari Minggu pagi, Jepang memiliki 37 kematian dan 1.055 kasus virus korona.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA