Kevin Sanjaya Gagal Total di Sektor Tunggal Putra

RA
Oleh Reza Adi Surya
Selasa 31 Maret 2020
share
(PBSI)

INILAHCOM, Jakarta - Kevin Sanjaya Sukamuljo saat ini merupakan pebulutangkis yang sukses dan berprestasi di ganda putra. Tapi, dulu Kevin awalnya main di tunggal putra dan gagal total.

Bersama Marcus Fernaldi Gideon, Kevin menjelma menjadi ganda putra menakutkan. Saat ini mereka berada di peringkat satu dunia BWF. Banyak gelar bergengsi berhasil mereka menangkan, termasuk semua turnamen level super 1000 seperti All England, China Open, dan Indonesia Open.

Kesuksesan tak diraih Kevin dengan mudah. Dia harus berjuang keras untuk bisa sampai di titik saat ini. Bakat Kevin ditemukan mantan pebulutangkis nasional, Fung Permadi. Pada 2007, Kevin diterima di PB Djarum.

Awalnya Kevin bermain di sektor tunggal putra saat masih di PB Djarum. Sayang, penampilan Kevin jauh dari harapan.

"Bermain di sektor tunggal adalah impian semua pebulutangkis. Waktu terus berlalu, saya selalu gagal meraih gelar juara dalam beberapa turnamen di sektor tunggal. Terkadang saya merasa sedih dan merasa heran apa yang salah dari saya," kata Kevin, dalam interview bersama Generation T Asia.

Gagal di tunggal putra, tim pelatih saat itu memindahkan Kevin untuk main di ganda putra. Butuh waktu yang tak sebentar bagi Kevin menemukan pasangan yang pas hingga akhirnya bisa menjadi seperti saat ini. Kevin pernah berpasangan dengan Lukhi Apri Nugroho, Selvanus Geh, dan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira.

"Saya percaya pada pelatih ketika mereka memindahkan saya ke ganda putra. Sejak saat itu, saya mulai berkembang dan memenangkan satu turnamen ke turnamen lain. Perjalanan yang tak mudah, tapi pada akhirnya semuanya sepadan dengan semua kerja keras hingga saya bisa berada di posisi ini," ujarnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA