Kevin Sanjaya Pernah Dihukum Tak Boleh Latihan

RA
Oleh Reza Adi Surya
Selasa 31 Maret 2020
share
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di All England 2018 (Foto: Inilahcom/Reza Adi Surya)

INILAHCOM, Jakarta - Kevin Sanjaya Sukamuljo mengaku pernah dihukum tak boleh ikut latihan karena kesiangan bangun tidur. Menurut Kevin, kejadian tersebut menjadi pelajaran berharga dalam kariernya saat ini.

Bakat Kevin ditemukan mantan pebulutangkis nasional sekaligus pelatih di PB Djarum, Fung Permadi. Fung melihat bakat istimewa dari Kevin dan memasukkannya ke PB Djarum pada 2007 silam.

Tak butuh waktu sebentar mengembangkan bakat Kevin dan menjadikannya seperti saat ini. Setidaknya, butuh 10 tahun sebelum akhirnya Kevin, bersama Marcus Fernaldi Gideon, memenangkan gelar Super 1000 pertamanya, All England, pada 2017.

Ada beberapa pelajaran yang dipetik Kevin sepanjang menimba ilmu di PB Djarum. Salah satunya sikap lalai atau tidak disiplin. Kevin mengaku pernah ketiduran dan dihukum tak boleh ikut latihan.

"Ketika masih muda, saya pernah satu kali ketiduran dan dihukum tak boleh mengikuti latihan selama seminggu. Karena kelalaian tersebut, saya hanya boleh duduk di pinggir lapangan dengan rasa cemas melihat pemain lain latihan," ungkap Kevin, dalam interview bersama Generation T Asia.

"Itu pelajaran yang sangat berharga dan membuat saya selalu menghargai setiap momen dan selalu memberikan yang terbaik," tambahnya.

Ada pengorbanan lain yang dilakukan Kevin hingga bisa seperti saat ini termasuk menjadi ganda putra peringkat satu dunia BWF. Kevin kecil terpaksa berpisah dari orangtua di usia 12 tahun karena harus tinggal di asrama PB Djarum di Kudus.

"Dulu saya harus berpisah dari orangtua dan tinggal di asrama sejak usia 12 tahun. Saya harus bangun jam 06.00 pagi untuk berlatih sebelum sekolah. Tapi saya tidak merasa iri dengan anak-anak lain, karena saya menikmati apa yang saya lakukan," katanya.

"Semua pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan membuat saya yakin kunci sukses adalah tetap mengabdi dan menikmati apa yang kamu lakukan," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA