Umuh Minta Ada Transparansi di RUPS Luar Biasa LIB

RA
Oleh Reza Adi Surya
Jumat 15 Mei 2020
share
(Persib)

INILAHCOM, Bandung - PT Liga Indonesia Baru (LIB) diminta segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa. Manajer Persib, Umuh Muhtar berharap adanya transparansi di rapat tersebut.

Agenda RUPS Luar Biasa PT LIB menjadi salah satu pembahasan di rapat virtual PSSI bersama Exco, Selasa (12/5/2020). RUPS Luar Biasa berdasarkan desakan dari klub-klub Liga 1 2020 dengan tujuan menyelesaikan permasalahan subsidi klub dan isu nepotisme.

Umuh menilai, sudah seharusnya RUPS LIB digelar. Karena klub-klub harus tahu transparansi dana dari operator kompetisi tersebut.

"Jelas karena RUPS ini harus meyakinkan dulu menjelaskan pada tim, pemasukan berapa dan pengeluaran berapa, nanti uang itu kemana-mananya klub harus tahu, karena ini kan milik klub 99 persen, bukan perorangan dan PSSI juga," ujar Umuh, dikutip dari Simamaung.

Sebelumnya LIB disorot karena berencana memotong uang subsidi untuk klub musim ini. Semula klub dijanjikan akan mendapatkan Rp520 juta, namun akan dipangkas menjadi Rp350 juta saja dan itu membuat banyak klub berteriak. Umuh pun meminta agar pada RUPS nanti LIB secara terbuka menjelaskan apa yang terjadi.

"Seperti PT LIB ingin menyelenggarakan atau mendapatkan uang bantuan dari mana, harus ada keterbukaan, uang itu masuk dari sponsor mana terus dipakai untuk apa, rinciannya harus jelas. Harus profesional, di LIB itu harus yang profesional juga yang mengerti organisasi, itu kuncinya dan syarat utama," lanjut Umuh.

Selain itu, Umuh juga ingin dalam RUPS nanti, LIB menjelaskan rencana terkait masa depan kompetisi mengingat liga musim ini sedang terhenti akibat pandemi.

"Iya kompetisi bagaimana, lalu regulasi bagaimana, keuangan dapat dari mana, klub harus tahu. Karena milik klub (PT LIB), ada komisaris juga," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA