Rooney: Park Sama Pentingnya dengan Ronaldo

RA
Oleh Reza Adi Surya
Sabtu 23 Mei 2020
share
(ManUtd)

INILAHCOM, Manchester - Topskorer sepanjang sejarah Manchester United, Wayne Rooney tak meragukan pentingnya sosok Cristiano Ronaldo dalam tim. Tapi, Rooney menyebut Park Ji-sung punya peran sama pentingnya dengan Ronaldo.

Ronaldo, Rooney, dan Carlos Tevez mendapat sorotan lebih ketika MU menjuarai Liga Champions 2008. Ketiga pemain tersebut rajin membobol gawang lawan.

Tapi, Rooney menilai sosok Park di dalam tim sama pentingnya dengan pemain lain seperti dirinya, Ronaldo, dan Tevez. Park memang tak memiliki teknik seperti Ronaldo, tapi agresivitas dan kerja kerasnya sangat membantu tim.

"Ini gila, tapi jika Anda menyebut Cristiano Ronaldo kepada bocah 12 tahun, mereka pasti langsung berkata, 'Ya, dia pemain luar biasa untuk Manchester United,'" ujar Rooney, di laman resmi MU.

"Tapi jika Anda menyebut Park Ji-sung, mungkin mereka tak tahu siapa dia. Tapi kami semua yang bermain dengan Park tahu dia sama pentingnya dengan kesuksesan kami. Itu karena dia selalu memberikan kemampuan kolektif terbaik," tambahnya.

Rooney menggambarkan peran Park ketika MU menghadapi AC Milan di Liga Champions pada 2010. Saat itu MU menang agregat 7-2 dan Park mendapat tugas khusus mematikan pergerakan Andrea Pirlo dan berhasil melakukannya dengan sempurna.

"Saat itu Pirlo bisa melepaskan rata-rata 110 umpan per pertandingan, sesuatu yang gila. Di antara 110 itu, 60-70 di antaranya umpan ke depan dan bisa membuat Anda dalam masalah," katanya.

"Saat itu Sir Alex Ferguson mengatakan kepada Park jangan membiarkan Pirlo bebas mengumpan. Jangan lengah satu detik pun. Di laga itu, Pirlo hanya melakukan 40 umpan dan 95 persen di antaranya umpan ke belakang karena Park melakukan tugasnya dengan luar biasa. Secara fisik dan mental, apa yang dilakukannya malam itu luar biasa," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA