Pemain yang Dukung George Floyd Tak Jadi Disanksi

RA
Oleh Reza Adi Surya
Kamis 04 Juni 2020
share
(Sky Sports)

INILAHCOM, Dortmund - Beberapa pemain Bundesliga yang menunjukkan sikap mendukung George Floyd sempat diancam mendapat sanksi. Tapi, Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) membatalkan niat tersebut.

Beberapa pemain Bundesliga menunjukkan aksi simpati atas kematian George Floyd. Floyd adalah warga kulit hitam Amerika Serikat yang meninggal dunia karena aksi kekerasan kepolisian Minneapolis.

Kematian Floyd menimbulkan protes dan kerusuhan di beberapa kota di Amerika Serikat. Dari empat polisi yang terlibat, hanya satu yang dihukum, sementara tiga polisi lain hanya dipecat.

Jadon Sancho, Weston McKennie, Marcus Thuram, dan Achraf Hakimi menunjukkan aksi simpatinya terhadap kematian Floyd dengan berbagai cara. Sancho menulis pesan 'Justice for Floyd' di dalam jersey yang dikenakannya, sementara pemain lain melakukan aksi berlutut.

Aksi para pemain tersebut tadinya akan dijatuhi sanksi karena sepak bola Jerman melarang aktivitas berbau politis di lapangan hijau. Tapi, DFB akhirnya resmi membatalkan rencana memberikan sanksi kepada para pemain.

"Saya secara terbuka menyambut keputusan Komite Kontrol DFB yang berpandangan jauh ke depan dan saya sangat senang akan hal itu," kata presiden DFB, Fritz Keller, dikutip dari Sky Sports.

"Asosiasi Sepak Bola Jerman sangat menentang segala bentuk rasialis. Itu sebabnya kami menghargai tindakan para pemain dan kami bisa memahaminya," ujarnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA