PBSI Sambut Baik Klarifikasi BWF soal Poin BAMTC

RA
Oleh Reza Adi Surya
Rabu 10 Juni 2020
share
(PBSI)

INILAHCOM, Jakarta - Badminton World Federation (BWF) akhirnya memberikan klarifikasi atas keputusan pemberian poin bagi tim China dan Hong Kong dalam kejuaraan Badminton Asia Mixed Team Championships 2021 (BAMTC). PBSI menyambut positif klarifikasi tersebut.

Tim China dan Hong Kong diberikan poin karena tidak dapat mengikuti turnamen Badminton Asia Team Championships 2020 (BATC) di Manila, Filipina, karena peraturan pembatasan perjalanan yang diberlakukan pemerintah Filipina terkait wabah Covid-19.

Keputusan ini sempat membuat beberapa negara mengajukan keberatan karena dianggap tidak fair. Poin BAMTC yang didapat China dan Hong Kong mencakup nomor ganda campuran.

Sedangkan peserta BATC 2020 tidak mendapat poin dari nomor ganda campuran karena format pertandingan yang dimainkan adalah format Piala Thomas dan Uber yang hanya memainkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri.

Dalam klarifikasinya, BWF menyatakan, China dan Hong Kong akan mendapat poin dari BAMTC 2021 tetapi tidak pada nomor ganda campuran karena nomor ini tidak dimainkan pada BATC 2020.

"Ini adalah keputusan yang fair untuk semua, memang ini yang kami inginkan yaitu kejelasan bahwa nomor ganda campuran tidak akan dihitung. Karena negara lain juga tidak dapat poin dari ganda campuran di BATC 2020," ujar Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI, Bambang Roedyanto, dalam rilis PBSI yang diterima INILAHCOM.

"Setahu saya selain Indonesia, tim Malaysia juga sempat mengajukan pertanyaan serupa kepada BWF. Kami hanya ingin memastikan bahwa keputusannya adil untuk semua," katanya.

# TAG
BWF

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA