Liga 1 Segera Lanjut, Ini Kata Nilmaizar

NP
Oleh Nandang Permana Sidik
Minggu 28 Juni 2020
share
(Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pelatih Persela Lamongan, Nilmaizar mengatakan lanjutan kompetisi Liga 1 harus benar-benar ketat dalam aturan kesehatan agar orang-orang yang terlibat dalam sebuah pertandingan terhindar dari penularan wabah Corona.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) beberapa waktu yang lalu memngumumkan rencana bergulirnya kembali kompetisi Liga 1 yang sudah terhenti hampir tiga bulan.

"Kalau memang itu sudah dikaji, maksudnya sudah rapat dengan pemilik klub, pelatih dan pemain, tidak apa-apa tapi dengan protokol yang kesehatan yang ketat," kata Nilmaizar, Sabtu (27/06/2020).

Bukan hanya akan memberlakukan protokol kesehatan ketat, PSSI memastikan setiap pertandingan digelar tanpa kehadiran penonton. Soal tanpa penonon, Nilmaizar sepakat meski diyakini euforia pertandingan akan berkurang.

"Kalau tanpa penonton, kalau itu memang yang terbaik sesuai dengan anjuran pemerintah, saya pun sepakat meski saya kira meriahnya akan berkurang, berbeda jika penonton hadir ke stadion. Demi keselamatan semua, ya harus dilaksakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena memang situasinya saat ini masih situasi yang tidak diharapkan," ujarnya.

Disinggung soal kompetisi yang difokuskan di Jawa, pelatih asal Payakumbuh, Sumatera Barat ini mengakui hal itu bisa mengurangi budget setiap tim dan kekhawatiran tertular di jalan semakin menipis.

"Fokus di Jawa, saya kira itu keputusan PSSI yang tepat. Misal kita harus traveling, ke daerah lain, tentu penuh kkhawatiran. Yang penting tempat di Pulau Jawa harus melihat tempatnya, kan di Jawa pun banyak zona merah," ungkapnya.

Sementara soal tidak adanya degradasi, pria yang pernah menukangi PS Tira ini memnilai, hal itu akan membuat gereget kompetisi berkurang.

"Soal tidak degradasi, kita lihat situasi saat ini, aturan kesehatan yang ketat, Covid-19 masih mengancam, tapi soal setuju atau tidak itu keputusan manajemen. Cuma, kalau ada degradasi ini jantung setiap hari berdetak kencang," pungkasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA