Alasan PSSI Tolak Keinginan Shin Gelar TC di Korea

IN
Oleh inilahcom
Minggu 28 Juni 2020
share
(PSSI)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memaparkan alasan mengapa tak bisa memenuhi permintaan Shin Tae Yong untuk menggelar pemusatan latihan atau training camp (TC) di Korea Selatan.

Kepada media Korea Selatan, Shin mengaku kecewa karena keinginannya menggelar pemusatan latihan di Negeri Ginseng tak disetujui. PSSI punya alasan tersendiri.

Hal itu diungkapkan Iriawan usai melakukan virtual meeting dengan Shin pada Jumat lalu. Pria yang akrab disapa Iwan Bule menyebut, TC di luar negeri bisa menelantarkan timnas tiga level berbeda yang menjadi tugas Shin.

"Pertama, karena Timnas U-19 yang akan dipersiapkan ke Piala Dunia U-20 2021 masih dalam proses seleksi. Tentu tidak efektif membawa rombongan sebanyak itu ke luar negeri," ujar Iriawan, di laman resmi PSSI.

"Kedua, sesuai kontrak, Shin dipercaya menangani tiga level timnas yakni U-19, U-23 dan timnas senior. Tidak mungkin membawa semua level timnas ke Korsel. Sementara dalam waktu bersamaan, Timnas U-19 dan Timnas Senior memiliki prioritas sama pentingnya," tambahnya.

Timnas U-19 bersiap mengikuti Piala AFC U-19 di Uzbekistan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2021. Pada saat yang sama, Timnas Senior harus segera berkonsentrasi menghadapi tiga laga lanjutan Pra Piala Dunia untuk memperbaiki peringkat Indonesia di ranking FIFA.

"Jika yang berangkat hanya Timnas U-19, maka Timnas Senior yang bersiap untuk Pra Piala Dunia dan Piala AFF tidak akan tertangani. Lain halnya jika TC berlangsung di Indonesia, maka semua level timnas akan dapat ditangani dengan baik," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA