Chiellini Heran Totti Tak Menang Ballon d'Or

RA
Oleh Reza Adi Surya
Selasa 30 Juni 2020
share
(Fox Sports)

INILAHCOM, Turin - Kapten Juventus, Giorgio Chiellini mengaku heran Francesto Totti tak memenangkan Ballon d'Or. Chiellini menyebut, Totti pemain jenius.

Sepanjang kariernya, Totti hanya memperkuat satu klub, AS Roma. Dia memenangkan satu Scudetto dan trofi Piala Dunia bersama Italia di 2006.

Totti dikenal sebagai salah satu playmaker terbaik di dunia. Visi permainan, kemampuan mengolah bola, dan mencetak gol termasuk dari tendangan bebas adalah beberapa dari kualitas Totti.

Totti tampil apik di Piala Dunia 2006 bersama Italia. Hanya saja, dia tak pernah mendapatkan Ballon d'Or. Di tahun ini, Fabio Cannavaro yang meraih trofi pemain terbaik dunia. Saat memenangkan Scudetto bersama Roma, trofi Ballon d'Or diberikan kepada Michel Owen.

"Saya pernah bermain dengan Francesco Totti, tapi lebih banyak sebagai lawan. Saya melihat dia tampil di beberapa laga Piala Dunia 2006 tapi kemudian dia pensiun dari tim nasional. Sangat disayangkan kami tak bisa melihat dia main lagi di pentas besar, tapi sungguh luar biasa dia mendedikasikan seluruh hidupnya untuk Roma," tulis Chiellini di buku otobiografinya.

"Dia memenangkan gelar lebih sedikit dari semestinya. Dia harusnya meraih Ballon d'Or. Totti seharusnya meraih Ballon d'Or sebelum trofi tersebut dikuasai 'alien' Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Mereka memberikan trofi itu kepada Andriy Shevchenko dan Michael Owen, yang juga pemain bagus, tapi jelas tak lebih bagus dari Totti," tambahnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA