Lin Dan Gantung Raket

RA
Oleh Reza Adi Surya
Sabtu 04 Juli 2020
share
(Twitter)

INILAHCOM, Jakarta - Tunggal putra asal China, Lin Dan memutuskan gantung raket. Lin Dan pensiun di usia 37 tahun.

Lin Dan merupakan salah satu pebulutangkis tersukses dalam sejarah China. Selama 20 tahun berkarier, pebulutangkis kidal itu memenangkan banyak gelar bergengsi.

Beberapa gelar yang diraih Lin Dan di antaranya adalah dua medali emas Olimpade, lima gelar Juara Dunia, enam gelar All England, dan masih banyak gelar lainnya di level super series, beregu dan beregu campuran seperti Piala Thomas dan Sudirman.

Di antara pebulutangkis se-angkatannya, Lin Dan yang masih bertahan. Sementara Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, dan Peter Gade sudah lebih dulu gantung raket. Khusus Lee Chong Wei, dia terpaksa gantung raket karena kondisi kesehatan.

"Sejak 2000 hingga 2020, selama 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Di 2000, saya sangat bersemangat dan bangga menjadi Lin Dan bagian dari tim nasional. Keluarga, pelatih, rekan setim, dan fans selalu mendukung di saat suka dan duka," tulis Lin Dan di Weibo.

"Setelah mengikuti empat Olimpiade, saya tak pernah berniat untuk berhenti atau berpikir tentang itu. Saya mendedikasikan seluruh hidup pada olahraga ini. Di usia 37 tahun, kondisi fisik dan rasa sakit membuat saya tak bisa lagi berdampingan dengan rekan setim. Ada rasa bersyukur dan juga frustrasi. Di hari-hari ke depan, saya berharap bisa menghabiskan waktu dengan keluarga dan punya mainan baru," tambahnya.

"Saya bersyukur dengan pencapaian saya bersama negara, pelatih yang melatih saya, keluarga yang selalu mendukung saya, fans yang terus memberikan dukungan, dan lawan-lawan luar biasa yang menginspirasi saya. Saya ingin berpesan pada kalian yang sedang kesulitan mengejar impian, terus berjuang dan maju terus," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA