Lin Dan Pensiun, Ini Kata Chong Wei & Peter Gade

RA
Oleh Reza Adi Surya
Sabtu 04 Juli 2020
share
Peter Gade, Lee Chong Wei, Lin Dan (Yonex)

INILAHCOM, Jakarta - Tunggal putra asal China, Lin Dan memutuskan pensiun di usia 37 tahun. Keputusannya pensiun dikomentari dua seterunya yang lebih dulu pensiun, Lee Chong Wei dan Peter Gade.

Lin Dan memutuskan pensiun, Sabtu (4/7/2020). Pebulutangkis kidal itu sudah berkarier selama dua dekade atau 20 tahun.

Selama berkarier di dunia tepok bulu, Lin Dan memenangkan banyak gelar bergengsi, di antaranya adalah dua medali emas Olimpade, lima gelar Juara Dunia, enam gelar All England, dan masih banyak gelar lainnya di level super series, beregu dan beregu campuran seperti Piala Thomas dan Sudirman.

Lee Chong Wei, yang belum lama ini juga memutuskan pensiun karena alasan kesehatan, turut mengomentari keputusan Lin Dan pensiun. Kegagalan Lee Chong Wei memenangkan medali emas Olimpiade selama kariernya dikarenakan sosok Lin Dan. Dua kali tampil di final Olimpiade 2008 dan 2012, Lee Chong Wei selalu kalah.

"Kita tahu waktu itu akan tiba. Momen berat dalam hidup kita. Kamu menutup karier dengan rasa syukur. Kamu adalah raja dimana kita bertarung dengan rasa bangga," tulis Lee Chong Wei, di akun Instagram.

Komentar juga diungkapkan Peter Gade. Bersama dengan Lin Dan, Lee Chong Wei, dan Taufik, keempatnya dikenal sebagai tunggal putra terbaik di masanya.

"Lawan tertangguh yang pernah saya hadapai sepanjang karier. Sosok inspirasi sejati di seluruh dunia dalam bulutangkis. Atlet luar biasa dan mungkin yang terbaik di era kami. Lin Dan, berbanggalah, dan nikmati kehidupanmu bersama keluarga, teman-teman, dan petualangan baru di tahun-tahun ke depan," tulis Peter Gade.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA