Kapten Bhayangkara FC Bicara Regulasi Pemain Muda

NP
Oleh Nandang Permana Sidik
Jumat 24 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi sepakat jika para pemain muda diberikan ruang di lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 nanti. Tidak hanya itu, soal pergantian lima pemain pun, kata Indra Kahfi akan sangat membantu klub karena semua pemain dipastikan tidak memiliki kondisi yang cukup bagus setelah lama tidak bermain dikompetisi resmi.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memastikan akan adanya regulasi baru pada lanjutan kompetisi Liga 1 yang akan dimulai Oktober mendatang.

Setelah rapat virtual yang digelar PT LIB dengan manager semua klub kontestan pekan lalu, mencuat dua poin penting selain protokol kesehatan yakni pergantian lima pemain dalam satu pertandingan dan setiap klub wajib memainkan minimal dua pemaon muda dalam setiap laga.

PSSI memastikan jika regulasi pemain muda itu ditujukan agar bisa menunjang kekuatan Timnas U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20, Mei 2021 mendatang.

"Bagus ada kebijakan harus memainkan pemain muda. Apalagi, kita tuan rumah Piala Dunia U-20 nanti. Saya kira sangat wajar kalau setiap klub harus memainkan pemain muda karena buat jam terbang mereka agar terasah kemampuannya sebelum tampil di Piala Dunia U-20," kata Indra Kahfi, Jumat (24/7/2020).

Sedangkan untuk pergantian lima pemain dalam setiap laga, Indra Kahfi menilai kebijakan itu keluar mengingat kondisi saat ini yang masih dihantui penyebaran Virus Corona, sehingga setiap pemain tidak bisa melakukan persiapan dengan maksimal.

Dan tentunya hal itu akan berpengaruh pada fisik dan kebugaran mereka , ditambah setiap pemain tidak berkumpul latihan bersama dengan klub masing-masing dalam waktu hampir empat bulan. "Saya kira, ini (aturan penggantian lima pemain), mengacu karena wabah saja.

Di liga luar pun seperti itu. Pengaruhnya tentu ada, karena jadwal pertandingan main nya berdekatan justru menguras tenaga pemain. Nah itu fungsi lebih banyak pergantian pemain agar kebugaran pemain terjaga dan tidak rentan cedera," ujarnya.

Meski dalam kondisi yang belum 100 persen pulih dari penyebaran Covid-19, Indra Kahfi berharap lanjutan kompetisi nanti berjalan dengan aman dan lancar.

Indra Kahfi yakin, PSSI maupun PT LIB akan menyiapkan segala sesuatunya agar semua pihak yang terlibat dalam kompetisi nanti tidak khawatir. "Dan ya semoga yang sudah dijadwalkan tidak mundur lagi, dan liga bisa berjalan sampai berakhir dengan baik. Karena kami semua rindu sudah sepak bola dan kompetisnya," kakak dari kiper Persija, Andritany ini mengakhiri pembicaraan. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA