Pemanggilan Pemain Timnas, Hak Shin Tse-Yong

NP
Oleh Nandang Permana Sidik
Kamis 30 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Surabaya - Pelatih Persebaya, Aji Santoso menegaskan pemilihan pemain dalam sebuah tim termasuk Timnas merupakan otoritas seorang pelatih kepala. Hal itu pula yang terjadi dalam pemilihan pemain Timnas Senior.

Publik sepak bola nasional dikejutkan dengan tidak masuknya bek tangguh milik Persebaya Hansyamu Yama Pranata. Dalam daftar 29 pemain yang dipanggil Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Senior di Jakarta 23 Juli hingga 8 Agustus, nama Hansyamu Yama tidak tercantum.

Padahal, jika menilik kebelakang, siapapun pelatihnya, Hansyamu Yama selalu tercantum dalam daftar panggilan pemain yang dikeluarkan PSSI. "Itu (pemanggilan pemain) merupakan kewenangan seorang pelatih. Setiap pemangilan pemain tentu pasti sudah di pertimbangkan dengan baik oleh seorang pelatih," kata Aji Santoso, Kamis (30/7/2020).

"Dan tentunya selama ini pelatih memantau setiap penampilan pemain untuk saat ini pemain-pemain yang di panggil yg berpenampilan baik menurut observasi pelatih tersebut," tambahnya.

Namun, Aji Santoso tak membantah, jika kualitas anak asuhnya, Hansamu Yama tidak perlu diragukan lagi. Selain selalu menjadi pemain inti di Persebaya, Hansyamu Yama memiliki pengalaman Internasional yang cukup baik.

Dengan pengalaman seperti itu, Aji Santoso menegaskan jika Hansyamu Yama mampu bersaing dengan pemain yang dipanggil Timnas Senior saat ini. "Ya (Hansyamu Yama) sebenarnya masih bisa bersaing dengan pemain-pemain yang di panggil saat ini. Tapi, kembali lagi semua menjadi otiritas seorang pelatih," pungkasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA