Atlet Profesional Berbagi Kiat Berkarir di Esports

IN
Oleh inilahcom
Selasa 03 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Dalam meniti karir sebagai seorang atlet esports, kerja sama tim amat diperlukan. Bergabung dengan tim esports profesional merupakan salah satu cara untuk mengasah kemampuan bermain game dan dapat memperbanyak jam terbang dalam pertandingan.

Menjadi salah satu anggota tim esports profesional memungkinkan kamu ikut berpartisipasi dalam turnamen esports bergengsi seperti Mobile Legends Professional League (MPL), turnamen Mobile Legends: Bang Bang terbesar se-Asia Tenggara.

Saat ini, sudah banyak tim esports Indonesia yang berhasil tampil di kancah internasional dengan keahlian bermain game-nya masing-masing. Salah satu tim yang kian naik daun adalah Alter Ego, tim esports yang belum lama ini menjadi runner-up pada pertandingan MPL Indonesia Season 6. Alter Ego juga berhasil mendapatkan gelar Champion dalam babak reguler MPL Indonesia Season 6.

Pencapaian ini tidak langsung didapatkan Alter Ego begitu saja, namun banyak rintangan dan tantangan yang harus mereka lalui untuk mencapai hal tersebut. Alter Ego pernah mengalami kekalahan pada MPL Season 2, tetapi setiap musim berikutnya mereka berhasil menunjukkan peningkatan prestasinya berkat usaha dan kerja keras tim. Terbukti pada MPL Season 3 mereka menduduki peringkat kelima, hingga kini berhasil meraih posisi runner-up dalam MPL Season 6.

Untuk menjadi seorang atlet esports profesional dan tergabung dalam tim esports seperti Alter Ego, bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apakah kamu sudah menjadi salah satu yang berpotensi seperti mereka? Simak beberapa tips sukses dari para anggota Alter Ego berikut ini!


Celiboy: Tingkatkan terus ranking dan ikut turnamen

Bagi Celiboy, yang menduduki peringkat pertama The Top Killer atau jumlah Kill terbanyak sepanjang MPL Season 6, penting untuk terus berlatih dan menekuni game agar menguasai penuh seluk beluk dan teknik permainan. Namun, latihan saja tidaklah cukup. Kamu harus berani untuk menantang kemampuanmu dengan meningkatkan ranking setinggi mungkin dan ikut dalam sebuah turnamen. Tidak perlu langsung mengikuti turnamen yang berskala besar, tetapi bisa dimulai dengan mengikuti turnamen-turnamen kecil terlebih dahulu. Ranking dan hasil turnamen kamu bisa menjadi bekal untuk seterusnya berkembang dan juga dilirik oleh tim esports profesional yang sedang mencari anggota baru.

"Bukti seorang atlet esports bisa dibilang baik adalah pencapaiannya dalam bermain game. Sebelum menjadi seorang atlet yang profesional, ranking dan prestasi dalam turnamen bisa menjadi bekal selanjutnya. Tidak jarang anggota baru tim esports direkrut karena performa, ranking yang tinggi, dan kemampuannya yang terlihat saat mengikuti turnamen," jelasnya.

Murphy: Tunjukan bakat di media sosial


Media sosial kini mempunyai banyak fungsi, salah satunya untuk unjuk kebolehan termasuk dalam bermain game. Dengan memanfaatkan media sosial, akan semakin banyak orang, termasuk tim esports, yang bisa memperhatikan teknik kemampuan bermain kamu. Hal ini bisa dilakukan dengan live streaming agar bisa menarik perhatian tim esports untuk merekrut kamu.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Likee, aplikasi pembuatan video pendek terkemuka asal Singapura, yang mempunyai fitur live streaming yang sangat mudah untuk digunakan. Para anggota Alter Ego, seperti Udil, Celiboy, Murphy, Myungzy, Yam, Caesius, dan Pai, juga sudah tergabung dalam Likee untuk menunjukkan cara dan keseruan mereka dalam bermain game.

Murphy, peraih ranking pertama The Top Assist atau pemain dengan jumlah poin dalam membantu timnya mendapatkan poin Kill selama MPL Season 6 ini mengatakan, "Sebagai pemula, media sosial bisa digunakan untuk menunjukkan kemampuan yang sudah dimiliki. Bahkan kami yang sudah menjadi atlet esports juga masih sering menunjukkan teknik bermain kami dengan tujuan untuk berbagi kemampuan dan keseruan saat bermain. Salah satu media sosial yang saya dan teman-teman gunakan adalah Likee karena mudah untuk digunakan dan lengkap dengan fitur live streaming dan bisa seru-seruan bareng dengan pengguna lain."


Udil: Belajar teknik game dari atlet esports profesional

Teknik bermain game sangat beragam, tetapi dapat dipelajari dan dilatih. Selain dengan latihan yang tekun, Udil, yang mendapatkan peringkat ketiga The Top Assist dalam MPL Season 6, menyarankan untuk sering memperhatikan teknik bermain para atlet esports yang sudah mempunyai banyak pengalaman dan prestasi.

Hal ini mudah untuk dilakukan karena banyak gamers yang sering membagikan keseruannya bermain secara live maupun tidak pada media sosial.

"Belajar dan berlatih itu sangat penting, meski sudah menjadi seorang atlet profesional sekali pun. Saya pribadi sering melihat berbagai konten yang diunggah gamers profesional pada media sosial dan mempraktikkan teknik-teknik yang digunakannya. Di Likee juga sudah banyak yang mengunggahnya untuk bisa kita pelajari. Untuk itu teman-teman juga bisa melakukan hal yang sama untuk menjadi atlet esports," ujar Udil.

Tips dari anggota Alter Ego ini bisa kamu manfaatkan untuk benar-benar terjun sebagai atlet esports bahkan bisa tergabung dalam tim esports. Alter Ego sendiri kini mempunyai banyak penggemar dan mendapat banyak dukungan.

Tagar #Alterchamps di aplikasi Likee, yang mengajak para penggemar game untuk mendukung tim esports favorit mereka dengan video pendek, mendapatkan lebih dari 2.000 fans Alter Ego. Kegiatan ini juga telah menghasilkan 540.000 viewers. Banyak pula yang mengunggah rekaman permainan Alter Ego pada pertandingan MPL Indonesia Season 6 sebagai bentuk dukungan.

Likee memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat membuat video menarik dan merekam momen yang mengesankan. Oleh karena itu, Likee memperoleh peringkat pertama dalam deretan "Top 10 Breakout Apps" menurut laporan App Annie tahun 2019.

Selain itu, Likee juga memperoleh posisi keenam dalam daftar "Top Apps Overall Worldwide" di Q1 tahun 2020 menurut Sensor Tower. Likee memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di mana pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idolanya melalui berbagai challenge. #SaatnyaKamuBersinar dengan wujudkan ide-ide kreatif di Likee!

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA