Grup H Liga Champions

MU dan PSG Tumbang di Kandang Lawan

IN
Oleh inilahcom
Kamis 05 November 2020
share
 

INILAHCOM, Istanbul - Manchester United dan Paris Saint-Germain harus takluk di kandang lawan mereka masing-masing saat memainkan laga ketiga Grup H Liga Champions, Kamis (5/11/2020) dini hari WIB.

Setan Merah terjerembab di markas Istanbul Basaksehir dan menelan kekalahan 1-2 dari tim debutan Liga Champions itu di Stadion Basaksehir Fatih Terim, Istanbul, Turki. Sementara PSG mesti mengakui keunggulan RB Leipzig juga dengan skor 1-2 di Red Bull Arena Leipzig, Saxony, Jerman.

Hasil ini membuat MU masih tetap bercokol di puncak klasemen Grup H dengan koleksi enam poin, unggul selisih gol dari RB Leipzig yang berada di peringkat kedua dengan raihan enam poin juga. Sementara PSG berada di posisi ketiga dengan tiga poin, sama seperti raihan Basaksehir namun unggul selisih gol.

Istanbul Basaksehir vs MU

MU mengambil inisiatif menyerang di awal laga tetapi dua peluang dari Bruno Fernandes dan Donny van de Beek hanya berakhir di sisi gawang.

Tuan rumah berhasil mencuri keunggulan pada menit 13 ketika Edin Visca mengawali sebuah serangan balik dengan umpan jauh yang diterima dengan baik oleh Demba Ba dan mantan pemain Chelsea itu berlari hampir separuh lapangan jauhnya sebelum melepaskan tembakan yang memperdaya kiper Dean Henderson.

Anthony Martial hampir segera menyamakan kedudukan, tetapi tembakan kerasnya dihalau oleh mantan pemain MU Rafael yang pasang badan untuk menghalangi bola, sedangkan peluang Basaksehir menggandakan keunggulan lewat sundulan Danijel Aleksic masih bisa diamankan oleh Henderson.

Eksekusi serangan balik presisi kembali berbuah manis bagi Basaksehir, ketika penguasaan bola Juan Mata direbut oleh Deniz Turuc yang kemudian melepaskan umpan tarik ke dalam kotak penalti. Ba melakukan gerakan tipuan, membiarkan bola bergulir disambar Visca yang berdiri bebas untuk menggandakan keunggulan tuan rumah atas MU pada menit 40.

Tiga menit kemudian, MU berhasil memperkecil ketertinggalan lewat Martial yang menanduk umpan silang Luke Shaw.

Di babak kedua, Setan Merah bermain lebih agresif dan memperoleh peluang bagus dari situasi bola mati, tetapi tendangan bebas Fernandes masih bisa ditepis kiper Fehmi Gunok.

MU kemudian menambah daya serangnya ketika memasukkan Paul Pogba, Edinson Cavani, dan Mason Greenwood. Namun, mereka nyaris tidak menciptakan peluang berbahaya untuk MU. Sedangkan Basaksehir bermain lebih aman dan bertahan untuk mengamankan keunggulan mereka.

Hingga peluit panjang bubaran, skor tetap 2-1 untuk keunggulan tim tuan rumah.

RB Leipzig vs PSG

PSG mencetak gol cepat di menit 6 yang berawal saat Moise Kean memaksa Dayot Upamecano melakukan kesalahan dan merebut bola sebelum mengoper ke Angel Di Maria. Pemain asal Argentina tersebut dengan tenang menaklukkan kiper Peter Gulacsi.

Leipzig merespons dua menit kemudian melalui umpan tarik Christopher Nkunku yang disambar Amadou Haidara, tetapi Keylor Navas masih bisa menepis bola.

Les Parisiens hampir menggandakan keunggulan ketika dihadiahi penalti setelah tembakan Kean mengenai lengan Upamecano. Di Maria maju sebagai eksekutor, tetapi tembakannya ke arah kiri masih bisa terbaca oleh Gulacsi.

PSG terus memberikan tekanan sehingga Leipzig sedikit sulit untuk membangun serangan mereka. KLub asal Prancis itu sempat mencetak gol kedua di menit 39 lewat kaki Di Maria, akan tetapi dianulir wasit karena sang pemain dianggap sudah berada di posisi offside.

Leipzig mampu menyamakan kedudukan di menit 41. Tuan rumah membangun serangan di sekitar kotak penalti, lalu Angelino menusuk dan melepaskan umpan tarik yang diselesaikan dengan tembakan mendatar oleh Nkunku.

Leipzig kembali membuat percobaan melalui Dani Olmo di menit 45, sayangnya bola masih melambung. Skor tetap imbang 1-1 hingga babak pertama berakhir.

Tim tuan rumah menciptakan peluang di menit 54 melalui skema serangan balik. Emile Forsberg memulai serangan itu dengan melewati Danilo Pereira, lalu melepaskan sepakan yang masih melambung.

Klub Jerman tersebut memiliki peluang membalikkan keadaan saat mereka mendapatkan penalti setelah umpan Angelino kepada Forsberg mengenai lengan Presnel Kimpembe. Forsberg mengambil tendangan tersebut dan berhasil mencetak gol dengan mengarahkan bola ke pojok kiri bawah.

Malapetaka menghampiri PSG ketika Idrissa Guaye mendapatkan kartu kuning kedua di menit 59 setelah berduel dengan Haidara.

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan Leipzig, ketika mereka hampir saja menambah gol di menit 82. Tendangan bebas memicu kemelut di pertahanan PSG dan Nkunku melepaskan tembakan yang masih melenceng dari gawang.

Kehilangan pemain membuat PSG sulit membangun serangan dan tim tuan rumah terus mendesak mereka.

PSG mendapatkan kesempatan dari tendangan bebas di menit 92. Namun, upaya Di Maria meluncur tepat ke arah Gulacsi.

Leipzig punya peluang untuk menambah gol semenit kemudian dari serangan balik saat Yussuf Poulsen berdiri dalam posisi bebas. Namun, Kimpembe masih bisa memblokir bola sebelum Poulsen sempat melepaskan tembakan.

PSG harus kehilangan satu pemain lagi di menit 95 ketika Kimpembe menerima kartu kuning kedua saat menghentikan serangan balik Leipzig.

Kehilangan dua pemain tidak mampu dimanfaatkan Leipzig untuk menambah keunggulan. Skor 2-1 bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Klasemen Sementara Grup H:


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA