Grup F Liga Champions

Dortmund Menang, Lazio Bermain Imbang

IN
Oleh inilahcom
Kamis 05 November 2020
share
 

INILAHCOM, Brugge - Memainkan laga ketiga Grup F Liga Champions, Kamis (5/11/2020) dini hari WIB, Borrusia Dortmund berhasil menang 3-0 di saat melawat ke kandang Club Brugge, sementara Lazio ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Zenit St Petersburg.

Hasil tersebut membawa Dortmund memuncaki klasemen grup dengan enam poin, sedangkan Lazio berada di urutan kedua dengan koleksi lima poin.

Adapun Club Brugge tertahan di posisi ketiga dengan empat poin dan Zenit masih terpuruk di dasar klasemen dengan satu poin.

Club Brugge vs Borrusia Dortmund

Kedua tim mencoba tampil agresif sejak awal. Brugge memiliki peluang pertama saat Noa Lang melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti yang masih dapat diblok oleh Thorgan Hazard. Namun gawang Brugge kemudian kemasukan pada menit 14, kiper Simon Mignolet meninju umpan silang kiriman Thomas Delaney, bola lantas dimasukkan Hazard ke gawang yang kosong.

Setelah kemasukan, Brugge kesulitan mengimbangi tempo permainan tamunya. Kesempatan itu dimanfaatkan Dortmund untuk tampil lebih tajam dan menggandakan keunggulan di menit 18. Bola tendangan sudut dikirimkan Axel Witsel melintasi mulut gawang, yang diteruskan Erling Haaland. Mignolet mampu menahannya, namun Haaland bergerak cepat untuk menyambar bola pantul.

Mignolet kembali dipaksa menyelamatkan gawangnya, kali ini dari sepakan voli Hazard dan sepakan Haaland. Sayangnya ia gagal mencegah Haaland mengemas gol keduanya di menit 32, saat pemain Norwegia itu memaksimalkan umpan terobosan Thomas Meunier dan menyelesaikan peluang dengan sederhana.

Brugge memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan menjelang turun minum, namun upaya Krepin Diatta masih dapat ditahan kiper Roman Buerki.

Setelah unggul tiga gol, Dortmund lebih mengendurkan tekanan. Kesempatan itu diambil Brugge untuk tampil lebih menyerang, dua peluang didapat dari Dennis dan Kossonou yang masih dapat ditahan kiper Roman Buerki dan barisan pertahanan tim tamu.

Seiring berjalannya waktu, Brugge tampil semakin agresif dan berusaha keras untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan. Ruud Vormer mencoba peruntungannya dengan mencungkil bola dari sudut sempit, namun bola masih terlalu mudah untuk ditangkap kiper Roman Buerki.

Sejumlah peluang masih didapat Brugge, namun baik karena penyelamatan Buerki maupun karena kesalahan pada operan akhir, tidak ada ancaman yang benar-benar nyata ke gawang Dortmund. Tim tamu pun aman membawa pulang tiga poin berkat tiga gol di babak pertama.

Zenit St Petersburg vs Lazio

Pada pertandingan yang dimainkan dengan kehadiran 20.000 penonton itu, Lazio mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. Joaquin Correa berusaha mencetak gol langsung dari tendangan sudut, namun setelah itu kedua tim memainkan permainan bertempo lambat.

Kebuntuan akhirnya pecah pada pertengahan babak pertama. Artem Dzyuba menerima bola umpan silang dengan bahunya, Daler Kuzyaev mengembalikannya ke belakang, dan Dzyuba menyundul bola untuk diteruskan sepakan voli Erokhin menembus gawang tim tamu di menit 32.

Lazio berusaha bangkit dan segera menaikkan tempo permainan. Mohamed Fares berusaha melepaskan tembakan yang terdefleksi, dan bola umpan silang Adam Marusic hanya dapat disambut sundulan melebar oleh Muriqi. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 1-0 untuk Zenit.

Setelah turun minum, Zenit tampil lebih baik. Bek Lazio Wesley Hoedt harus menggagalkan upaya Erokhin saat tuan rumah melakukan serangan balik. Kemudian pemain pengganti Andrey Mostovoy melewati dua tekel untuk melepaskan sepakan yang mengenai tiang gawang.

Lazio kesulitan menciptakan peluang. Danilo Cataldi melepaskan tembakan spekulasi jarak jauh, kemudian Correa dilanggar di luar kotak penalti. Tendangan bebas Cataldi dari pelanggaran tersebut membentur pagar pemain.

Marusic memohon hadiah penalti ketika ia dijatuhkan pemain Zenit di kotak terlarang, namun setelah melihat tayangan VAR, wasit memutuskan permainan dilanjutkan. Beberapa saat kemudian Caicedo menyundul melebar bola umpan dari Sergej Milinkovic-Savic, sedangkan penyelesaian Correa tidak menyulitkan kiper lawan.

Biancoceleste akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjelang pertandingan usai. Di menit 82, Andreas Pereira mengoperkan bola kepada Francesco Acerbi dari sisi, dan Caicedo sukses memaksimalkan umpan yang disodorkan kepadanya menjadi gol.

Gawang Lazio kembali kemasukan pada menit-menit tambahan, ketika mereka terlalu mudah kehilangan bola. Mostovoy memasukkan bola namun Dzyuba lebih dahulu berada dalam posisi offside pada proses menyerang.

Hingga peluit panjang bubaran berbunyi, skor tetap 1-1.

Klasemen Sementara Grup F:

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA