Jalan Indonesia Menuju Tuan Rumah Olimpiade 2032

IN
Oleh inilahcom
Kamis 05 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia akan memulai perburuan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 seusai mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo. Indonesia akan bersaing dengan negara seperti India dan Qatar.

Jejak awal ini akan diikuti rencana persiapan matang empat tahun ke depan. Rencana tersebut akan menjadi kunci Indonesia memenangi tuan rumah pertama kali sepanjang sejarah.

Tekad Presiden menjadikan Indonesia tuan rumah Olimpiade 2032 disampaikan dalam rapat terbatas virtual, Rabu (4/11/2020). Hadir dalam rapat virtual itu, antara lain, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman.

Presiden melihat keberhasilan Asian Games dan Asian Para Games 2018 sebagai tolak ukur, bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan ajang multicabang internasional."Asian Games dan Asian Para Games membuka rasa percaya diri kita. Sebab itu, kita akan mencalonkan diri sebagai tuan rumah 2032. Ini bukan untuk gagah-gagahan, tetapi salah satu cara meningkatkan citra dan martabat bangsa," ucapnya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mempin delegasi Indonesia bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Markas IOC di Lausanne, Swiss, 11 Februari 2019, membahas pengajuan diri Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mempin delegasi Indonesia bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Markas IOC di Lausanne, Swiss, 11 Februari 2019, membahas pengajuan diri Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Pada 11 Februari 2019, Presiden melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Swiss menyerahkan surat kepada Presiden IOC, Thomas Bach. Isinya tentang keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Penyerahan dilakukan di Sekretariat IOC di Lausanne, Swiss. Sedikitnya lima negara telah menyatakan minat serupa, yakni Australia, India, dua negara Korea, dan Qatar.

Menurut Presiden, Indonesia sangat cocok sebagai tuan rumah pada 2032 sebab Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menerapkan norma baru bagi para tuan rumah. Mereka ingin ajang yang lebih sederhana dan hemat biaya. Di titik ini, Indonesia harus beradaptasi dengan norma baru tersebut. Filosofi itu mementingkan bagaimana inovasi dan kreativitas sebuah negara, tidak hanya kemewahan.

Karena itu, Presiden meminta agar pencalonan ini menjadi momentum Indonesia untuk menata diri, mulai dari infrastruktur hingga prestasi olahraga, termasuk kualitas kota penyelenggara.

Pencalonan tuan rumah akan berlangsung pada 2024. Namun, proses seleksi dimulai sejak 2023. Indonesia pun tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri.

"Saya meminta peta jalan pencalonan nanti betul-betul disiapkan dengan baik. Itu perlu disiapkan segera," kata Presiden.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA