Grup G Liga Champions

Barcelona dan Juventus Ungguli Lawan-lawannya

IN
Oleh inilahcom
Kamis 05 November 2020
share
 

INILAHCOM, Barcelona - Dua tim unggulan di Grup G Liga Champions, Barcelona dan Juventus, sama-sama memetik kemenangan di laga ketiga mereka yang berlangsung Kamis (5/11/2020) dini hari WIB.

Barcelona menjaga tren sempurna mereka di Liga Champions musim ini dengan membekuk tamunya Dynamo Kiev dengan skor 2-1 di Stadion Camp Nou, Spanyol. Sementara Juventus meraih kemenangan meyakinkan 4-1 atas tuan rumah Ferencravos di Stadion Puskas Arena, Hungaria.

Hasil tersebut memantapkan Barcelona di pucuk klasemen sementara Grup G dengan raihan sempurna sembilan poin, hasil dari tiga kemenangan. Juventus berada di posisi kedua dengan koleksi enam poin, hasil dua kali menang dan satu kali kalah.

Sedangkan Dynamo Kiev dan Ferencravos yang sama-sama mengoleksi satu poin harus puas berbagi tempat di dasar klasemen.

Barcelona vs Dynamo Kiev

Megabintang Lionel Messi membuka keunggulan Barcelona lewat tendangan penalti pada saat pertandingan baru berjalan lima menit, setelah ia dijatuhkan oleh Denys Popov di area terlarang.

Pada menit 9, Pedri sempat menceploskan bola ke gawang tim tamu memanfaatkan umpan silang Jordi Alba, tetapi gol itu dianulir karena offside.

Tim tamu hampir membalas pada menit 36 lewat tandukan tajam Vitalii Bulyaskyi, tetapi kiper Marc-Andre ter Stegen yang akhirnya kembali dari cedera melakukan penyelamatan gemilang untuk mengamankan gawang Barcelona.

Tujuh menit memasuki babak kedua, Dynamo kembali memaksa Ter Stegen memperlihatkan aksi gemilangnya dengan menghalau tembakan jarak dekat Vladyslav Supryaha di muka gawang.

Pada menit 56, Messi mendapat kesempatan untuk mencetak gol lagi dari situasi bola mati, tetapi eksekusi bagusnya masih bisa ditepis oleh kiper Ruslan Nescheret.

Keunggulan Barcelona baru bisa digandakan pada menit 65 dalam situasi sepak pojok ketika Ansu Fati mengirimkan umpan silang yang disambut sundulan keras Gerard Pique tak memberi kesempatan Neshcheret melakukan penyalamatan.

Kerja keras tim tamu membuahkan hasil pada menit 75 ketika Ter Stegen gagal menghentikan tembakan jarak jauh Benjamin Verbic dengan sempurna dan bola bergulir ke arah kapten Dynamo Kiev, Viktor Tsygankov, yang tinggal menceploskannya ke gawang.

Di sisa waktu yang ada, Dynamo Kiev terus berusaha untuk mencari gol penyama kedudukan tetapi Barcelona mampu menjaga keunggulan mereka hingga bubaran.

Ferencravos vs Juventus

Laga baru berlangsung tujuh menit saat Juventus memecah kebuntuan. Juan Cuadrado bergerak cepat di sisi kanan untuk mengejar operan Leonardo Bonucci, dan menggulirkannya ke mulut gawang, melewati Cristiano Ronaldo, namun dengan sigap disambar Alvaro Morata menjadi gol.

Federico Chiesa bekerja sama dengan Ronaldo untuk melepaskan tembakan yang masih dapat ditahan para pemain Ferencravos, sedangkan Oleksandr Zubkov yang tidak terkawal membuang kesempatan untuk tuan rumah menyamakan kedudukan setelah ia menyia-nyiakan peluang meski berada dalam posisi tidak terkawal.

Juventus berpeluang menggandakan keunggulan, namun alih-alih melepaskan tembakan, Morata justru mengumpan kepada Ronaldo, yang membuat Miha Blazic mampu melakukan tekel untuk menggagalkan serangan tersebut.

Cuadrado memiliki dua insiden terkait benturannya dengan pemain tuan rumah. Pertama di dalam kotak penalti lawan saat ia sedang menyerang, kedua saat ia berduel dengan Somalia, namun wasit sama sekali tidak menganggap terjadi pelanggaran. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 1-0 untuk Bianconeri .

Pelatih Juventus Andrea Pirlo memasukkan Rodrigo Bentancur dan Weston McKennie untuk menggantikan Arthur dan Aaron Ramsey. Ronaldo gagal memanfaatkan kesalahan pemain Ferencravos yang kehilangan bola di sepertiga pertahanan, saat ia hanya mampu melepaskan sepakan melebar.

Beberapa saat kemudian Juventus mendapatkan gol keduanya. Ronaldo bergerak di sisi kanan dan mengirimkan operan, bola dibiarkan lewat oleh McKennie untuk menuju Morata yang sudah menunggu. Penyerang Spanyol itu lantas melepaskan tembakan ke sudut atas gawang tuan rumah.

Paolo Dybala masuk menggantikan Morata, dan segera mendapat kesempatan untuk mengemas gol ketiga Bianconerri. Diawali operan ke belakang dari Miha Blazic yang gagal dikuasai kiper Denes Dibusz, bola segera disambar Dybala masuk ke gawang yang kosong.

Ferencravos melakukan kesalahan serupa beberapa saat kemudian. Kiper Dibusz mengoper bola yang dapat dicuri Dybala, untuk kemudian ditembakkan masuk ke gawang. Bola sempat berusaha dibuang oleh Dvali, namun gagal dan gol itu tercatat sebagai gol bunuh diri.

Tuan rumah mendapatkan gol hiburan menjelang laga usai. Kiper Wojciech Szczesny menahan tembakan Boli dengan lututnya, namun ia tidak berdaya menahan sang pemain lawan menyambar bola pantul.

Klasemen Sementara Grup G:

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA