Menangi 'Der Klassiker'

Bayern Munich Rebut Puncak Klasemen Liga Jerman

IN
Oleh inilahcom
Minggu 08 November 2020
share
 

INILAHCOM, Dortmund - Bayern Munich memenangi 'Der Klassiker' untuk merebut kembali posisi puncak klasemen Bundesliga yang sempat dihuni oleh RB Leipzig selama beberapa saat.

Tim asuhan Hansi Flick ini mengalahkan musuh bebuyutannya, Borussia Dortmund, dengan skor 3-2, pada pertandingan pekan ketujuh Liga Jerman yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu (7/11/2020) malam waktu setempat atau Minggu (8/11/2020) dini hari WIB.

Bayern kini menghuni pucuk klasemen dengan koleksi 18 poin, sedangkan Dortmund tertahan di peringkat ketiga dengan 15 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Kapten Dortmund Marco Reus mencetak gol pertama di menit 45 pada pertandingan itu. Bayern kemudian menyamakan kedudukan melalui gol David Alaba di masa injury time babak pertama (menit 45+4), sebelum gol-gol yang dibukukan Robert Lewandowski di menit 48 dan Leroy Sane di menit 80 membalikkan keadaan. Dortmund kemudian memperkecil ketertinggalannya melalui gol Erling Haaland jelang laga usai (menit 83).

Jalannya pertandingan:

Kedua tim saling gempur sejak awal pertandingan. Lewandowski melepaskan tembakan melebar, demikian pula Axel Witsel yang juga menembak bola melebar.

Kiper Dortmund Roman Buerki harus menahan sundulan Leon Goretzka. Di pihak Dortmund, Haaland menyia-nyiakan operan Giovanni Reyna.

Gawang Dortmund akhirnya kemasukan melalui sepakan Lewandowski pada menit 24. Namun setelah dilakukan peninjauan VAR, diketahui bahwa lutut pemain Polandia itu berada lebih maju daripada Manuel Akanji dan ia dinyatakan offside.

Tuan rumah memecah kebuntuan menjelang turun minum. Reus menyambar bola umpan tarik Raphael Guerreiro, dan bola gagal dihentikan kiper Manuel Neuer.

Keunggulan Dortmund tidak bertahan lama. Bayern menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Alaba, yang sempat terdefleksi sebelum masuk ke gawang Dortmund.

Pada awal babak kedua Bayern berbalik unggul. Umpan silang kiriman Lucas Hernandez ditanduk dengan sempurna oleh Lewandowski.

Bayern kembali mendapat peluang melalui sepakan Kingsley Coman yang membentur tiang gawang. Dortmund juga tidak menyerah, dan mencuri peluang melalui sepakan Reyna dan Reus yang keduanya masih gagal membuahkan gol balasan.

Saat Dortmund lebih aktif menyerang, pertahanan mereka menjadi lebih terbuka. Sane menggiring bola kiriman Lewandowski, dan sepakannya yang terdefleksi berbuah gol ketiga Bayern.

Haaland sempat memperkecil ketertinggalan Dortmund, berkat keahlian olah bolanya dan penyelesaian akurat dari sudut sempit tanpa dapat dihentikan Alaba dan Neuer.

Bayern yang masih unggul satu gol sempat menambah perbendaharaan golnya melalui upaya Lewandowski. Namun seperti gol pertamanya, gol tersebut juga tidak disahkan karena offside.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA