Liga Premier Inggris

Fernandes Bawa MU Raih Kemenangan Kandang Perdana

IN
Oleh inilahcom
Minggu 22 November 2020
share
 

INILAHCOM, Manchester - Akhirnya Manchester United mampu meraih kemenangan kandang perdana mereka di Liga Premier Inggris musim ini setelah menundukkan tamunya West Bromwich Albion dengan skor tipis 1-0 di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (22/11/2020) dini hari WIB.

Satu-satunya gol Setan Merah dalam laga ini diciptakan oleh Bruno Fernandes melalui tendangan penalti di babak kedua.

Kemenangan tersebut mengantarkan MU melompat naik ke urutan kesembilan klasemen dengan koleksi 13 poin. Sedangkan West Brom yang masih belum pernah menang di musim ini tidak beranjak dari zona degradasi, tepatnya di urutan 18 dengan total raihan 3 poin.

Jalannya pertandingan

Di menit-menit awal pertandingan, MU agak sulit menemukan celah di pertahanan West Bromwich Albion. Tempo pertandingan sendiri tidak terlalu cepat sehingga tim tamu tidak melulu berada dalam tekanan meski MU mendominasi pertandingan.

Baru pada menit 16, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer ini mendapatkan peluang sangat bagus. Dari sayap kiri, Marcus Rashford yang menerima bola dari Harry Maguire memberikan bola ke kanan. Bola diteruskan Bruno Fernandes kepada Anthony Martial di tengah, tetapi sepakan first time striker asal Prancis itu bisa diblok kiper West Brom, Sam Johnstone.

Pada menit 20, West Brom memperoleh peluang emas. Sebuah bola terobosan dari Romaine Sawyers mengirim Karlan Grant ke kotak penalti MU. Namun, tembakan Grant masih bisa ditepis oleh David de Gea.

Di menit 34, Bruno Fernandes mengirim sebuah bola jauh kepada Juan Mata di kotak penalti. Sentuhan Mata nyaris menjadi assist buat Anthony Martial, namun dibantu beknya, Sam Johnstone bisa mengamankan situasi.

Pada menit 42, walaupun dikawal Maguire, Kyle Bartley masih mampu menyundul bola sebuah sepak pojok. Beruntung bagi Setan Merah, bola sundulan Bartley itu masih melayang di atas gawang De Gea. Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata alias 0-0.

Babak kedua baru berjalan semenit, West Brom mendapatkan hadiah penalti dari wasit David Coote setelah kaki Conor Gallagher tampak seperti disepak Fernandes di kotak terlarang. Akan tetapi, setelah melihat review VAR, wasit membatalkan keputusannya.

Hanya sesaat setelah keputusan VAR itu, tembakan jarak jauh Rashford mengetes ketangkasan Sam Johnstone mengamankan gawangnya.

De Gea juga kembali membuat penyelamatan setelah menahan tembakan Conor Townsend yang memanfaatkan umpan silang Grady Diangana.

Di menit 53, wasit ganti memberikan penalti kepada MU setelah tembakan Juan Mata terlihat jelas menyentuh tangan Darnell Furlong di dalam kotak terlarang. Fernandes pun maju sebagai algojo, tetapi tendangan penaltinya yang mengarah ke kiri gawang lawan mampu diblok Sam Johnstone.

Beruntung bagi Manchester Merah, wasit memerintahkan tendangan penalti itu diulang karena kiper West Brom sudah bergerak maju sebelum bola ditendang Fernandes. Pada kesempatan keduanya, Fernandes tidak melakukan kesalahan lagi dengan menendang bola ke arah yang berbeda untuk membuat timnya unggul 1-0.

Di menit 65, pemain pengganti Callum Robinson memberikan peluang bagus bagi West Brom. Tembakan melengkungnya persis dari garis kotak penalti sudah tidak terjangkau De Gea. Tapi sayang, bola hanya membentur mistar gawang MU.

Dua menit berselang, sebuah skema serangan cepat MU nyaris menggandakan skor. Namun, sepakan Rashford setelah menerima bola dari Fernandes masih bisa diblok Johnstone yang memang tampil gemilang dalam laga ini.

Di menit 70, giliran tendangan kapten MU Harry Maguire kembali diblok oleh Johnstone. Memasuki masa injury time, setelah mengecoh satu bek West Brom, tembakan terukur Martial masih terblok sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Hingga peluit panjang akhir pertandingan, skor 1-0 tetap bertahan. MU pun akhirnya meraih kemenangan kandang perdananya di musim ini.

West Brom bakal kembali memburu kemenangan pertamanya pekan depan ketika menjamu tim juru kunci Sheffield United pada Sabtu (28/11/2020), sehari setelahnya MU akan bertandang ke markas Southampton.

Namun sebelum itu, Setan Merah akan lebih dulu berusaha meraih revans atas Istanbul Basaksehir dalam laga lanjutan Grup H Liga Champions di Stadion Old Trafford pada Selasa (24/11/2020).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA