Ducati Juara Dunia Konstruktor MotoGP 2020

IN
Oleh inilahcom
Senin 23 November 2020
share
 

INILAHCOM, Portimao - Suzuki gagal menyapu bersih gelar juara dunia di MotoGP 2020 setelah Ducati berhasil berjaya di klasemen konstruktor musim ini.

Ducati berhasil menambah poin usai seri pamungkasi Grand Prix Portugal di Sirkuit Portimao, Minggu (22/11/2020). Ini berkat keberhasilan pebalap Pramac Ducati Jack Miller finis di posisi kedua.

Miller berhasil finis kedua usai menyalip pebalap Petronas Yamaha Franco Morbidelli menjelang balapan berakhir. Dengan demikian, Ducati berhasil menambah 20 poin untuk melewati Suzuki di klasemen konstruktor dengan 221 poin.

Pasalnya, tak satupun pebalap Suzuki yang berhasil finis 10 besar di balapan ini, Alex Rins hanya mampu finis ke-15 dan Joan Mir selaku juara dunia malah tidak bisa menyelesaikan balapan.

Ducati pun berhak atas gelar juara dunia konstruktor. Sementara Suzuki malah turun ke posisi ketiga klasemen dengan 202 poin setelah disalip Yamaha yang menyelesaikan laga pamungkas MotoGP dengan 204 poin.

Bagi Ducati, ini adalah gelar juara dunia konstruktor kedua mereka setelah 2007, saat Casey Stoner menjadi juara dunia.

Meski para pebalapnya gagal menjadi juara dunia, termasuk Andrea Dovizioso yang diandalkan, Ducati setidaknya bisa tersenyum di akhir musim. Sementara Suzuki gagal sapu bersih alias triple-crown championship setelah 'hanya' jadi juara dunia di pebalap dan tim.

Di MotoGP musim 2020, Ducati menampilkan tiga tim, yakni Ducati Corse Team, selaku tim pabrikan, dan dua tim satelit, yaitu Pramac Ducati Racing Team serta Ensponsorama Ducati Racing.

Sementara Yamaha menampilkan dua tim, yakni Monster Yamaha Energy selaku tim pabrikan dan Petronas Yamaha SRT, yang menjadi tim satelit. Adapun Suzuki hanya mengandalkan satu tim, yakni Suzuki Ecstar.

Posisi keempat konstruktor ditempati KTM, melalui tim pabrikannya Red Bull KTM Factory Racing dan Red Bull KTM Tech 3 sebagai tim satelit. Sedangkan posisi kelima, diisi Honda, yang menampilkan Repsol Honda (tim pabrikan) dan LCR Honda (tim satelit).

Klasemen Akhir Konstruktor MotoGP 2020

1. Ducati: 221 poin
2. Yamaha: 204 poin
3. Suzuki: 202 poin
4. KTM: 200 poin
5. Honda: 144 poin
6. Aprilia: 51 poin

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA