Mengenang Maradona

Para Pemain Napoli Kompak Kenakan Jersey Nomor 10

IN
Oleh inilahcom
Jumat 27 November 2020
share
 

INILAHCOM, Naples - Para pemain Napoli serempak mengenakan Jersey bernomor punggung 10 dan bertuliskan nama Maradona sebelum kickoff pertandingan Liga Europa melawan HNK Rijeka pada Kamis (26/11/2020) waktu setempat atau Jumat (28/11/2020) dini hari WIB.

Langkah itu merupakan bentuk penghormatan kepada mendiang Diego Maradona yang sudah dianggap pahlawan bahkan Sang Messiah bagi penduduk Naples, kota dimana klub Napoli bermarkas.

Sebelum laga dimulai, videotron di Stadion San Paolo, yang kini resmi berganti nama menjadi Stadion San Paolo-Maradona, menampilkan wajah sang pesepakbola legendaris Argentina kemudian kedua tim mengheningkan cipta.

Wajah Napoli tak bisa dilepaskan dari sosok Maradona. Didatangkan dari Barcelona, Maradona menjadi bintang di Naples dengan menyumbangkan berbagai trofi yakni Scudetto Serie A 1986-1987 dan 1989-1990, Coppa Italia 1986-1987, UEFA Cup (kini Europa League) 1988-1989 serta Supercoppa Italiana 1990.

Sebelum kedatangan Maradona, Napoli merupakan klub medioker di tengah perwajahan kota yang kumuh, miskin, dan penuh dengan konflik. Maradona lantas membuat Naples bergeliat memperbaiki diri.

Tujuh tahun berseragam biru langit, Napoli akhirnya mampu menyejajarkan diri dengan klub simbol kemapanan sepak bola Italia semacam Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

Menariknya, ketika timnas Argentina yang diperkuat Maradona bertemu Italia di Stadion San Paolo pada Piala Dunia 1990, beberapa tifosi tuan rumah melakukan hal yang tidak terpikirkan, yakni dengan bersorak mendukung negara yang diperkuat oleh Maradona itu.

Dalam pertandingan keempat babak penyisihan di Grup F Liga Europa, Napoli berhasil mengalahkan tamunya HNK Rijeka dengan skor 2-0.

Bagi Napoli, kemenangan ini membuat mereka bertengger di puncak klasemen sementara dengan raihan sembilan poin atau terpaut dua angka dari Sociedad dan AZ Alkmar.

Sementara bagi Rijeka, kekalahan tersebut membuat klub asal Kroasia ini semakin terpuruk di dasar klasemen tanpa raihan satupun poin dan harus tersingkir dari kompetisi Liga Europa, meski masih menyisakan dua pertandingan lagi di babak penyisihan grup.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA