Liga Premier Inggris

Gol di Injury Time Batalkan Kemenangan Liverpool

IN
Oleh inilahcom
Minggu 29 November 2020
share
 

INILAHCOM, Brighton & Hove - Liverpool hanya mampu meraih satu poin saat dipaksa bermain imbang 1-1 oleh Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Premier Inggris yang berlangsung di American Express Community Stadium, Sabtu (28/11/2020).

Liverpool memulai pertandingan dengan menjanjikan. Umpan terukur Mohamed Salah kepada Diogo Jota yang berdiri di posisi bagus bisa dipotong. Kemudian di menit 4, Mo Salah mengancam gawang Brighton meski tembakannya melebar.

Brighton membuat peluang emas di menit 11. Aaron Connolly menerima umpan terobosan Neal Maupay sehingga tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Alisson Becker. Sayang, penyelesaian Connolly melenceng.

Tim tuan rumah perlahan mulai mampu keluar dari tekanan Liverpool. Dalam sebuah serangan ke pertahanan Liverpool di menit 20, wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran Neco Williams terhadap Connolly.

Namun, peluang itu disia-siakan oleh Neal Maupay yang menjadi eksekutor penalti, sebab kendati sudah memperdaya Alisson Becker, bola tendangannya melesat ke sisi tiang gawang yang keliru dan tak berbuah gol.

Di menit 34, Roberto Firmino mengirim umpan lambung kepada Mo Salah, yang dijaga dua pemain belakang Brighton. Pemain nasional Mesir itu kemudian meneruskan umpan dengan tembakan yang menaklukkan kiper Matt Ryan. Namun, gol Liverpool mesti dianulir setelah pemeriksaan VAR memperlihatkan Mo Salah sudah berada dalam posisi offside.

Jelang turun minum, Liverpool kembali menekan. Serangan The Reds dari Jota mentah, kemudian bola rebound dicecar Takumi Minamino namun sepakannya masih mudah ditangkap Ryan. Skor kacamata alias 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Brighton langsung tampil menyerang. Danny Welbeck mencuri bola dari Jordan Henderson sebelum mengakhiri pergerakannya dengan tembakan yang masih mengarah kepada Alisson.

Liverpool akhirnya bisa memperoleh keunggulan pada menit 60. Diawali dari umpan Mo Salah, Diogo Jota mengontrol bola kemudian menyelinap mencari celah di kotak penalti. Jota menyelesaikan dengan sepakan kaki kanan ke sudut bawah gawang Brighton. 1-0 buat Liverpool.

Pada menit 83, keputusan VAR yang menguntungkan Brighton kembali terjadi saat gol sundulan Sadio Mane dianulir oleh wasit karena sudah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Di masa injury time, lagi-lagi keputusan VAR memihak Brighton. Teknologi tayang ulang itu memperlihatkan upaya Andy Robertson menyapu bola yang malah mengenai kaki Danny Welbeck di area terlarang. Wasit pun langsung menunjuk titik putih.

Kali ini, kesempatan tersebut tidak disia-siakan Brighton. Pascal Gross maju sebagai algojo penalti dan sukses pemperdaya Alisson untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Dengan satu tambahan angka yang diperoleh, Liverpool naik ke posisi teratas klasemen sementara Liga Premier Inggris usai mengoleksi 21 poin hasil 10 pertandingan. Sang juara bertahan unggul satu poin dari Tottenham Hotspur yang baru akan bertanding melawan Chelsea pada Minggu (29/11/2020).

Adapun Brighton bertengger di posisi 16 dengan perolehan 10 poin, unggul enam poin dari Fulham di zona degradasi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA